Anies-Ganjar-Andika Muncul di Bursa Capres NasDem, Segini Elektabilitasnya

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Kamis, 05 Mei 2022 06:11 WIB
Mahfud Md bertemu dengan Jenderal Andika Perkasa
Foto: Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa (Dok, Kemenko Polhukam)
Jakarta -

Nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa muncul di bursa bakal calon presiden (capres) Partai NasDem. Usulan ini muncul dari kader NasDem DKI Jakarta dan Banten.

"Tapi ya itu tadi, bukan hanya Anies, aspirasi dari masyarakat nama-nama itu muncul. Panglima TNI, ada Erick Thohir, ada Ganjar juga," ujar Ketua Teritorial Pemenangan Pemilu Banten-DKI Jakarta NasDem A Effendy Choirie kepada wartawan, Rabu (4/5/2022).

Gus Choi, sapaan akrab Effendy, memastikan tak ada riak-riak atau gesekan soal usulan capres kepada DPP NasDem. Munculnya nama Erick, kata Gus Choi, disebabkan kader NasDem yang menjadi komisaris BUMN dan mengusulkan nama Erick.

"Terus Andika, anak-anak tentara di lingkungan NasDem kan banyak sehingga Andika itu juga ada suaranya. Nah, Ganjar, mantan-mantan PDIP di NasDem kan juga banyak," ucapnya.

"Aspirasi-aspirasi ini akan Pak Surya pertimbangkan dalam rakernas itu, mana yang ini, terserah sepenuhnya kepada ketua umum," imbuh Gus Choi.

Lalu, bagaimana posisi Anies, Ganjar, dan Andika di survei elektabilitas capres?

Survei Charta Politika

Lembaga survei Charta Politika Indonesia juga merilis hasil survei elektabilitas bakal capres dan cawapres pada April lalu. Survei menunjukkan Ganjar Pranowo mengungguli Anies dan Andika.

Survei digelar pada 10-17 April 2022 di di 122 desa/kelurahan yang tersebar di Indonesia. Total 1.220 responden yang diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat atau multistage random sampling. Adapun margin of error survei ini +- 2,83 persen pada tingkat kepercayaan atau level of confidence sebesar 95%.

Dalam pertanyaan terbuka, nama Ganjar Pranowo menjadi yang teratas di survei Charta Politika. Kemudian, Anies menyusul dan Andika Perkasa menyusul.

Ganjar Pranowo 26,6%
Anies Baswedan 19,7%
Andika Perkasa 0,7%

Survei Populi Center

Lembaga penelitian kebijakan dan opini publik Populi Center merilis hasil survei elektabilitas bakal capres dan cawapres pada April lalu. Survei tersebut menunjukkan Ganjar Pranowo tetap berada di posisi paling atas dibandingkan Anies Baswedan dan Andika Perkasa.

Deputi Direktur Eksekutif Populi Center Rafif Pamenang Imawan mengatakan sebanyak 10 nama disodorkan kepada responden pada simulasi tertutup. Berikut 10 tokoh teratas elektabilitas capres dalam simulasi tertutup menurut survei Populis Center dirilis, Minggu (24/4):

Ganjar Pranowo 24,0%
Anies Baswedan 12,1%
Andika Perkasa 1,4%

Simak juga 'Saat Jokowi 'Mesra' dengan 3 Bakal Capres Terkuat':

[Gambas:Video 20detik]



(drg/imk)