H+2 Lebaran, Curug Cilember Puncak Bogor Ramai Diserbu Wisatawan

M Solihin - detikNews
Rabu, 04 Mei 2022 15:17 WIB
Wisatawan di Curug Cilember, Puncak Bogor
Wisatawan di Curug Cilember, Puncak Bogor (M Solihin/detikcom)
Jakarta -

Wisatawan berbondong-bondong mengisi waktu libur Lebaran ke kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Salah satu tempat wisata yang ramai diserbu wisatawan adalah wisata air terjun Curug Cilember.

Salah satu lokasi wisata legend yang berada di kawasan Cisarua, Puncak, itu tampak dikunjungi ratusan warga. Manajer Curug Cilember Budi Prasetyo mengatakan lonjakan jumlah pengunjung sudah mulai terjadi pada hari kedua Lebaran, yang kenaikan jumlah pengunjungnya mencapai 100 persen.

"Hari Lebaran sih belum ada lonjakan ya, sekitar 400 kunjungan. Kalau untuk kemarin mulai ada lonjakan. Kemarin dalam sehari kita ada 1.000 kunjungan. Ini kan kapasitas hanya 1.000 ya, tapi kemarin itu 1.000 orang dalam sehari. Jadi silih berganti, sirkulasi tetap terjaga, ya," kata Budi kepada wartawan, Rabu (4/5/2022).

"Untuk hari ini lonjakan masih ada dibanding kemarin, dibanding dua hari kemarin lebih tinggi hari ini. Karena mungkin orang sudah beres silaturahmi ya. Prediksi kita ada di angka 1.000-an ya," tambahnya.

Pantauan di lokasi, terlihat ratusan pengunjung memadati spot-spot yang ada di kawasan Curug Cilember, salah satunya adalah Curug 7. Untuk diketahui, di Curug Cilember terdapat enam air terjun. Air terjun paling bawah diberi nama Curug 7 dan yang tinggi bernama Curug 2.

"Khusus di Curug 7 itu yang favorit. Di sini ada Curug 2 sampai 7, yang 7 itu yang paling bawah, ini yang favorit untuk keluarga. Kalau Curug 5 itu lebih banyak dikunjungi sama anak muda karena ada effort tracking-nya. Taman Kupu-kupu juga termasuk favorit, hanya sekarang musimnya lagi hujan, jadi agak sepi," ucap Budi.

Tampak juga banyak anak muda dan keluarga yang sengaja menyewa tenda untuk menikmati suasana malam di kawasan air terjun yang dikelilingi pepohonan pinus itu.

"Saya datang kemarin, nginep dari kemarin di sini. Lumayan enak, sejuk tempatnya, masih alami banget, deket air terjun juga kan," ujar pengunjung asal Ciomas, Bogor, bernama Ridwan, yang memanfaatkan area camping ground di lokasi wisata Curug Cilember.

Simak Video 'Polisi Berlakukan One Way Puncak Arah Jakarta Siang Ini':

[Gambas:Video 20detik]



(fas/fas)