Terjebak One Way di Tol Jagorawi, Wisatawan Puncak Terpaksa Tahan Pipis

Muchamad Sholihin - detikNews
Rabu, 04 Mei 2022 12:15 WIB
Kemacetan di Tol Jagorawi arah Puncak Bogor imbas polisi terapkan one way arah Jakarta (Sholihin/detik)
Kemacetan di Tol Jagorawi arah Puncak, Bogor, imbas penerapan one way arah Jakarta. (Sholihin/detik)
Jakarta -

Antrean kendaraan mengular di Km 46-48 Tol Jagorawi arah Puncak, Bogor. Laju kendaraan menuju Puncak terhenti karena polisi sedang memberlakukan sistem one way arah Jakarta.

Pantauan detikcom, kendaraan mengular sejak Km 46 selepas GT Ciawi arah Puncak hingga Km 48 menjelang Simpang Gadog. Laju kendaraan menuju Puncak disetop sementara karena sedang diberlakukan proses one way arah Jakarta.

Sumardi, wisatawan asal Batuceper, Tangerang, mengatakan ia bersama keluarganya berangkat menuju Puncak pada pukul 06.00 WIB. Sumardi sengaja datang ke Puncak untuk menikmati libur Lebaran dengan menyewa vila bersama keluarga besarnya di kawasan lokasi wisata Taman Safari Indonesia.

"Saya kira bisa cepat sampai kalau kita berangkat pagi. Nggak tahunya sama saja, kena macet juga. Biasanya kan kalau pagi one way-nya arah Puncak, tapi kok ini malah arah Jakarta, kesal juga jadinya," kata Sumardi saat ditemui detikcom di Km 47 Tol Jagorawi arah Jakarta, Rabu (3/5/2022).

Sumardi mengaku sudah sekitar 3 jam berada di Km 47. Dia mengeluhkan lamanya proses one way.

"Dari jam 7-an saya di sini, nggak maju-maju. Mestinya nggak selama ini ya one way-nya, gantian gitu setiap 1 jam atau berapa jam, nggak lama gini. Kita yang dewasa bisa sabar, tapi ini ada anak kecil kasihan juga kelamaan di tengah tol gini," keluhnya.

Sumardi juga mengeluh karena tidak ada fasilitas toilet yang disediakan untuk wisatawan yang terjebak one way di tengah tol.

"Ditambah toilet juga nggak ada, kita laki-laki bisa di mana saja dah, sambil ngumpet. Tapi kalau saya ini mending saya tahan dulu dah. Tapi kalau perempuan kan susah, nggak bisa sembarangan. Mestinya kan disediakan kayak semacam toilet portabel gitu," kata Sumardi.

Hal serupa juga diungkapkan Hendra, pengemudi mobil asal Jakarta. Karena tidak ada toilet, ia terpaksa berjalan kaki ke rumah warga melalui sela-sela pagar pembatas yang sudah rusak.

"Susah cari toilet, Pak. Tadi saya sampai numpang ke rumah warga. Tadi sama istri saya," kata Hendra, wisatawan asal Serpong, Tangerang.

Kemacetan parah terjadi di Jalan Raya Puncak sejak pagi tadi, Rabu (3/5/2022). Antrean kendaraan terjadi di sepanjang jalan arteri menuju Puncak Bogor. Kondisi serupa juga terjadi di ruas tol Jagorawi selepas GT Ciawi arah Puncak.

Polisi sempat memberlakukan sistem one way arah Jakarta untuk menguras kemacetan kendaraan di kawasan Cisarua Puncak dan sekitarnya. Pukul 10.30 WIB, Polres Bogor memberlakukan one way arah Puncak. Kendaraan dari arah Jakarta menuju puncak kembali bisa melaju.

Simak juga 'Puncak Arus Balik Diprediksi 6-8 Mei, Jokowi Beri Pesan Ini':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/ygs)