ADVERTISEMENT

Jemaah Aboge Purbalingga Baru Gelar Salat Idul Fitri Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 04 Mei 2022 09:47 WIB
Jakarta -

Jemaah Aboge di Desa Onje, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga, baru merayakan Idul Fitri 1443 H pada hari ini. Mereka menggelar salat Id di Masjid Raden Sayid Kuning di desa setempat.

"Warga kami yang merupakan jemaah Aboge baru melaksanakan salat Id hari ini. Ada 500-an orang yang mengikuti setelah semalam takbiran di masing-masing musala," kata Kepala Desa Onje, Mugi Ari Purnomo, di kompleks Masjid Raden Sayid Kuning, seperti dilansir detikJateng, Rabu (4/5/2022).

Mugi mengatakan salat Id Aboge tahun ini cukup banyak karena warga perantau bisa mudik. Dari pantauan detikJateng, terlihat warga memenuhi masjid hingga pelataran masjid.

"Pelaksanaan salat Id tahun ini luar biasa. Jemaah penuh hingga pelataran. Mungkin karena sudah ada kebijakan memperbolehkan mudik oleh pemerintah," ujarnya

Mugi mengungkapkan, sebelum pelaksanaan salat Id, jemaah malam sebelumnya menggelar takbir di musala-musala di desanya. Pusat ibadah tetap digelar di masjid yang merupakan cagar budaya di Kabupaten Purbalingga.

"Semalam kami pantau ada tiga musala yang menggelar takbiran. Kalau pusatnya di sini Masjid Sayid Kuning," imbuhnya.

Simak berita selengkapnya di sini.

(fas/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT