ADVERTISEMENT

Menhub ke Pemudik: Kalau Cuti Bisa Diperpanjang, Baiknya Pulang Setelah 8 Mei

Matius Alfons - detikNews
Selasa, 03 Mei 2022 23:54 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi
Foto: Menhub Budi Karya Sumadi (Kemenhub)
Jakarta -

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau agar masyarakat yang saat ini masih mudik Lebaran untuk menghindari pulang saat puncak arus balik pada 6 sampai 8 Mei 2022. Budi Karya menyarankan masyarakat kembali sebelum atau setelah puncak arus balik.

"Bapak Presiden Joko Widodo memberikan perhatian khusus pada penanganan arus balik agar tidak terjadi kepadatan, yaitu mengimbau masyarakat untuk kembali lebih awal sebelum puncak arus balik di tanggal 6, 7 dan 8 Mei 2022 nanti. Atau kalau cutinya bisa diperpanjang, sebaiknya pulang setelah tanggal 8 Mei," kata Budi Karya seperti dalam keterangannya, Selasa (3/5/2022).

Budi Karya mengimbau agar masyarakat mewaspadai dua titik yang akan rawan macet saat arus balik. Keduanya yakni Tol Semarang-Jakarta dan Penyeberangan Bakauheni-Merak.

Lebih lanjut, Budi menyampaikan agar masyarakat tidak memaksakan diri saat perjalanan arus balik. Dia juga meminta agar masyarakat menggunakan rest area di jalan tol dan tidak berhenti di bahu jalan lantaran membahayakan keselamatan diri sendiri dan dapat menyebabkan kemacetan.

"Jika lelah, masyarakat bisa keluar tol di kota terdekat, dan bisa istirahat di tempat-tempat yang telah disiapkan. Di sini lebih aman dan leluasa," ucapnya.

Kemudian, Menhub juga mengimbau agar masyarakat mengemudi dengan baik dan tidak menyerobot jalur. Dia juga meminta agar masyarakat mematuhi imbauan yang ada demi keselamatan.

"Kami juga mengimbau untuk mengemudi dengan baik, tidak menyerobot jalur dan patuhi petunjuk dari petugas di lapangan. Pastikan prokes juga tetap dilaksanakan dengan baik," tuturnya.

"Mohon kepada masyarakat untuk mengikuti imbauan-imbauan yang sudah disampaikan, agar perjalanan balik lebih nyaman," lanjut dia.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan pemerintah memprediksi puncak arus balik Lebaran 2022 terjadi pada 6-8 Mei. Jokowi mengajak warga kembali dari kampung halaman lebih awal atau setelah puncak arus balik.

"Saya mengimbau, saya mengajak, Bapak/Ibu, dan saudara-saudara yang melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi agar kembali lebih awal atau atau kembali setelah puncak arus balik," kata Jokowi dalam keterangan Sekretariat Presiden, Selasa (3/5).

Jokowi mengajak kembali lebih awal atau setelah puncak arus balik agar warga terhindar dari kemacetan di jalan. Saran Jokowi ini juga harus disesuaikan dengan jadwal masuk masing-masing warga.

"Tentunya sesuai dengan izin yang didapatkan dari tempat kerja," ujar Jokowi.

Simak Video 'Puncak Arus Balik Diprediksi 6-8 Mei, Jokowi Beri Pesan Ini':

[Gambas:Video 20detik]



(maa/maa)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT