Kala Puncak Tetap Jadi Idaman di Hari Kedua Lebaran

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 03 Mei 2022 21:01 WIB
Sejumlah kendaraan memadati Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (3/5/2022). Satlantas Polres Bogor memberlakukan sistem satu arah secara situasional untuk mengurai kepadatan lalu lintas di jalur wisata Puncak, Bogor pada hari kedua Idul Fitri 1443H. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/nym.
Foto: ANTARA FOTO/Arif Firmansyah
Jakarta -

Kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, tetap menjadi pilihan masyarakat untuk menghabiskan waktu berlibur di hari kedua Lebaran. Puluhan ribu kendaraan memasuki kawasan puncak dan sejumlah tempat wisata pun ramai dikunjungi pada hari ini.

Kasat Lantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata bahkan mengungkap ada peningkatan secara signifikan pengunjung yang menuju Puncak. Dia mengungkap kendaraan yang menuju puncak sampai pada angka 21 ribu kendaraan.

"Sampai siang ini ada 21 ribu kendaraan yang masuk ke kawasan Puncak," kata Kasat Dicky Anggi Pranata di Simpang Gadog pada pukul 12.10 WIB tadi, Selasa (3/5/2022).

"Ada peningkatan yang signifikan. Biasanya normal di 15 ribu kendaraan," lanjut dia.

Dicky menyebut hari ini kendaraan yang menuju ke Puncak didominasi wisatawan. Hal itu sesuai prediksi puncak kepadatan arus lalu lintas kawasan Puncak.

"Memang sesuai prediksi kami sebagai kawasan wisata Puncak, volume kendaraan masuk ke kawasan Puncak itu setelah Lebaran h+1 sampai kesekian," tuturnya.

"Sampai hari Minggu besok juga terjadi kepadatan. Oleh karena itu, kami siagakan 170 personel. Termasuk di dalamnya ada 4 pospam yang disiagakan," tambahnya.

Tempat Wisata Diserbu Warga

Sejumlah tempat wisata, salah satunya kebun teh puncak, bahkan diserbu oleh wisatawan. Banyaknya wisatawan yang berkunjung di kebun teh pun dimanfaatkan warga sekitar untuk meraup untung.

Pantauan detikcom, Selasa (3/5/2022), tampak perkebunan teh di sepanjang Jalan Raya Puncak, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, dipenuhi warga.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.