ADVERTISEMENT

Restorative Justice, Kasus Ibu Tewas Ditabrak Anak Saat Mudik Disetop

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 03 Mei 2022 17:49 WIB
Penampakan lokasi kecelakaan tragis pemudik tabrak ibunya sendiri hingga tewas di Mojokerto.
Lokasi kecelakaan ibu tertabrak anaknya sendiri hingga tewas di Mojokerto. (Enggran Eko Budianto/detikJatim)
Jakarta -

Polisi menerapkan restorative justice (RJ) di kasus kecelakaan tragis yang menewaskan Masringah (47), di mana dirinya ditabrak motor anaknya, Agus Wahyudi (28), saat mudik. Polisi menyebut Agus sebenarnya bisa saja dijerat dengan Pasal 310 UU RI Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

"Karena yang terlibat dalam kecelakaan lalu lintas ini adalah satu keluarga, yaitu ibunya sendiri atas nama Masringah dan putranya, Agus, kami lakukan restorative justice untuk menyelesaikan perkara kecelakaan ini," kata Kanit Laka Satlantas Polres Mojokerto Iptu Wihandoko kepada detikJatim, Selasa (3/5/2022).

Wihandoko menjelaskan pihaknya berpedoman pada Peraturan Polri Nomor 8 Tahun 2021 tentang Penanganan Tindak Pidana Berdasarkan Keadilan Restoratif. Rasa kemanusiaan menjadi pertimbangan kenapa kasus ini disetop.

Wihandoko mengungkapkan pihaknya tidak ingin Agus harus mendekam di penjara setelah kehilangan ibunya. Apalagi, Agus menabrak ibunya secara tidak sengaja.

"Kami merujuk Perpol Nomor 8 Tahun 2021, kami bisa melakukan RJ dengan ketentuan-ketentuan yang harus kami lengkapi. Memang kami mempertimbangkan kemanusiaan. Kami menyelesaikan persoalan itu tanpa menimbulkan permasalahan yang lain. Terlebih lagi Agus tidak sengaja menabrak ibunya sendiri," jelasnya.

Diketahui, Masringah tewas dalam kecelakaan beruntun melibatkan 3 sepeda motor di jalan nasional Dusun Jatisumber, Desa Watesumpak, Mojokerto, pada Sabtu (30/4) pagi. Ketiga sepeda motor melaju di jalur arteri dari timur ke barat atau dari arah Surabaya ke Jombang.

Simak selengkapnya di sini.

Saksikan juga 'Jaksa Agung Sebut Restorative Justice Baru Menyasar Masyarakat Kecil':

[Gambas:Video 20detik]



(drg/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT