Banjir di Perumahan Ciputat Tangsel Surut, Warga Mulai Bersih-bersih Rumah

Khairul Ma'arif - detikNews
Selasa, 03 Mei 2022 11:12 WIB
Warga di Ciputat, Tangsel, membersihkan rumahnya usai banjir surut (Khairul/detikcom)
Warga di Ciputat, Tangsel, membersihkan rumahnya usai banjir surut. (Khairul/detikcom)
Tangerang Selatan -

Banjir yang melanda wilayah Tangerang Selatan (Tangsel) kemarin sudah mulai surut hari ini. Salah satunya Perumahan Roswood Garden, Ciputat, Tangsel, yang sempat terendam banjir 80 cm.

Pantauan detikcom di lokasi, Selasa (3/5/2022) pukul 10.12 WIB, terlihat warga sedang membersihkan rumahnya. Tampak banyak lumpur yang menempel di lantai rumah warga ini.

Barang-barang seperti kasur dan pakaian dijemur warga di bawah teriknya sinar matahari siang ini. Terlihat juga tanggul yang jebol semalam karena tidak kuat menahan debit air.

Puing-puing tanggul yang jebol tampak berantakan. Terlihat beberapa petugas dari Satpol PP membantu membersihkan rumah dan Dinas Pekerjaan Umum yang sedang memperbaiki tanggul.

"Ini lagi bersihin rumah yang kena banjir kemarin. Banjirnya kemarin sekitar pukul 15.00 WIB," ujar seorang warga, Adi Sopian, saat ditemui di rumahnya.

Adi tidak memprediksi banjir yang melanda rumahnya akan separah ini. Menurutnya, lingkungannya memang rawan banjir, tetapi karena tanggul jebol membuat banjir kali ini lebih parah dari biasanya.

"Padahal mah tanggulnya yang bocor beda lokasinya sama yang jebol," tuturnya.

Adi menyebut banyak barangnya yang rusak dan basah karena terendam banjir. Alhasil, Adi harus menjemur barang-barangnya.

"Kasur pada basah, pakaian juga. Makanya ini saya jemur-jemurin," kata Adi.

Sementara itu, warga lainnya, Hendra Eka Susanto, juga harus membersihkan rumah bersama istrinya. Hendra mengaku terpaksa mengungsi ke rumah anaknya tadi malam.

"Semalam ngungsi ke rumah anak karena di sini tidak bisa dipakai tidur," jelas Hendra.

Hendra menyebut barang-barang elektroniknya sampai rusak. Hal ini disebabkan ketinggian banjir yang mencapai satu meter.

"Pada rusak barang elektronik saya soalnya kan banjirnya tinggi juga kemarin," ucapnya.

Sebelumnya, Kasi Mitigasi BPBD Tangsel Essa Nugraha mengungkapkan delapan titik banjir di Tangsel tersebar di beberapa kecamatan. Ketinggian air disebut bervariasi, paling tinggi 80 cm.

"Termonitor Puri Pamulang 30 sentimeter (cm), Pamulang Asri 40 cm, Babakan Pocis Bhakti Jaya 70-80 cm, Kampung Bulak 30 cm, Rooswood Garden 60-80 cm, Puri Bintaro Indah 50 cm, Villa Pamulang Mas 50 cm, dan Perumahan BPI 30 cm," bebernya, Senin (2/5).

Dia menyatakan penyebab utama banjir di wilayahnya adalah hujan deras yang melanda hari ini. Sampai saat ini ada 20 keluarga yang mengungsi di masjid terdekat.

"Terdampak Roswood Garden rumah atau 77 keluarga sebagian warga pulang kampung, dan sekitar 20 keluarga mengungsi di masjid terdekat," ungkapnya.

Simak juga 'Tergenang Air, Underpass Perimeter Selatan Bandara Soetta Ditutup!':

[Gambas:Video 20detik]



(drg/drg)