Update Arah ke Puncak: Contraflow Diberlakukan di Tol Jagorawi Km 44-46

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Selasa, 03 Mei 2022 10:35 WIB
Contraflow yang diberlakukan di Tol Jagorawi pagi ini (Dok. Jasamarga)
Foto: Contraflow yang diberlakukan di Tol Jagorawi pagi ini (Dok. Jasamarga)
Bogor -

Jasamarga memberlakukan contraflow di ruas Tol Jagorawi arah Ciawi atas diskresi kepolisian. Contraflow dilakukan untuk mengurai kemacetan yang terjadi ke arah Puncak, Bogor, hari ini.

"Contraflow di ruas Tol Jagorawi arah Ciawi sebagai langkah antisipasi kepadatan lalu lintas menuju puncak yang terjadi pada hari ini," tulis Jasamarga dalam keterangannya, Selasa (3/5/2022).

Pemberlakuan contraflow dimulai hari ini sejak pukul 06.57 WIB tadi. Contraflow diberlakukan pada KM 44+500 sampai dengan 46+500 khusus kendaraan yang akan menuju Simpang Ciawi atau Sukabumi.

"Km 44+500 sampai dengan 46+500 khusus kendaraan yang akan menuju Simpang Ciawi/Sukabumi," tuturnya.

Jasamarga menekankan petugas dan rambu-rambu sudah berada di lokasi contraflow. Jasamarga mengimbau agar masyarakat selalu berhati-hati.

"Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan, Jasamarga Metropolitan Tollroad telah memasang rambu-rambu dan menempatkan petugas pengaturan lalu lintas di lokasi contraflow," kata Jasamarga.

"Jasa Marga mengimbau kepada masyarakat agar mempersiapkan diri sebelum melakukan perjalanan dengan memastikan kondisi kendaraan siap jalan, kondisi pengemudi yang prima, memperhatikan kecukupan BBM dan uang elektroniknya untuk kenyamanan perjalanan," imbuhnya.

Untuk diketahui, arus lalin dari arah Jakarta menuju Puncak, Bogor satu arah atau one way pagi ini. Tak ada penerapan rekayasa lalu lintas ganjil genap di kawasan Puncak pagi ini.

Pantau detikcom, di sekitar Simpang Gadog, Selasa (3/5), pukul 09.05 WIB, belum ada ganjil genap yang diterapkan. Kendaraan berpelat genap terlihat masih melintas ke arah Puncak.

Volume kendaraan mengarah ke Puncak dari Bogor cenderung padat. Kepadatan mulai terjadi sekitar PLN Cipayung. Arus kendaraan satu arah menuju Puncak, sementara arus kendaraan dari arah Puncak ke Jakarta ditutup sementara.

Simak Video 'Hari Kedua Lebaran, Tol Jagorawi Arah Bogor Macet':

[Gambas:Video 20detik]




(drg/imk)