Komisi IX DPR Ikut Pantau Hepatitis 'Misterius' yang Bikin 3 Anak Meninggal

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Selasa, 03 Mei 2022 07:15 WIB
Hepatitis - sign series for medical health care
Foto: Ilustrasi hepatitis (Thinkstock)
Jakarta -

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan ada tiga anak di Indonesia yang meninggal karena dugaan hepatitis akut, yang belum diketahui penyebabnya. Komisi IX DPR RI mengaku masih mendalami temuan hepatitis 'misterius' itu.

"Kami masih dalami hal ini," ujar Wakil Ketua Komisi IX DPR dari Fraksi Golkar Emanuel Melkiades Laka Lena kepada wartawan, Senin (2/5/2022).

Dihubungi terpisah, anggota Komisi IX DPR Krisdayanti memastikan kemunculan hepatitis baru itu akan dijadikan perhatian oleh pihaknya. Terlebih, hepatitis akut ini telah memakan korban jiwa.

"Menurut hemat saya, hepatitis yang sudah ada A, B, C, D, dan E semuanya dapat menular dan dapat menyebabkan kematian. Apalagi jika ada dugaan muncul virus hepatitis baru yang telah menelan korban, pasti akan menjadi perhatian komisi IX," kata Krisdayanti.

"Kita sudah belajar banyak dari pandemi COVID-19 yang telah seluruh dunia hadapi. Semua pasti setuju bahwa mencegah jauh lebih baik daripada mengobati," sambungnya.

Krisdayanti meminta pemerintah memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai dugaan hepatitis akut ini. Dia menyebut imbauan awal diperlukan, walaupun penyebabnya belum diketahui hingga saat ini.

"Supaya tidak menelan korban lagi, sebaiknya masyarakat diberikan informasi dan edukasi, bahwa ada virus yang diduga hepatitis akut, telah menelan korban, tanda-tanda seperti apa. Meski penyebabnya belum diketahui, tapi minimal ada imbauan awal. Sehingga orang tua lebih waspada ketika ada tanda-tanda yang mirip tidak dianggap sepele karena kurangnya informasi," kata Krisdayanti.

Sementara itu, anggota Komisi IX DPR dari Fraksi NasDem Irma Suryani Chaniago menekankan dugaan hepatitis akut akan menjadi prioritas di masa sidang nanti. Dia mengaku akan menanyakan itu langsung ke Kemenkes.

"Tentu ini akan jadi prioritas pada masa sidang ke depan. Pada saat RDP (rapat dengar pendapat) pasti akan saya tanyakan," ucap Irma.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya...

Saksikan juga 'WHO Masih Belum Temukan Penyebab Infeksi Hepatitis Akut di Eropa-AS':

[Gambas:Video 20detik]