Momen Doa Umat di Katedral Viral, Doakan Umat Islam yang Rayakan Idul Fitri

Matius Alfons - detikNews
Senin, 02 Mei 2022 17:08 WIB
suasana gereja katedral saat misa natal
Ilustrasi misa di Gereja Katedral Jakarta (Azhar/detikcom)
Jakarta -

Video umat Katolik mendoakan umat Islam yang merayakan Idul Fitri 1443 Hijriah viral di media sosial. Doa tersebut dipanjatkan umat Katolik saat ibadah hari Minggu, 1 Mei 2022.

Cuplikan video doa umat Katolik itu viral di media sosial dan disukai jutaan orang. Terlihat juga narasi cuplikan video itu 'Ikut misa ini td sore langsung di gereja, pas denger doa ini merinding bgt'.

Setelah ditelusuri, video tersebut merupakan bagian prosesi misa Hari Buruh Internasional, hari Minggu (1/5/2022) kemarin, pukul 17.00 WIB. Doa tersebut disampaikan saat prosesi doa umat.

Misa itu juga disiarkan di YouTube Komsos Katedral Jakarta. Dalam prosesi doa umat, lektor terdengar membacakan doa umat terkait berbagai hal, salah satunya yakni perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Bagi saudara-saudari kita umat Islam yang sedang merayakan Idul Fitri, ya Bapa, berkatilah saudara-saudari kami umat Islam yang merayakan hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah agar bisa merayakannya dengan penuh sukacita dan aman, damai, bersama dengan keluarga dan sahabat-sahabat mereka, marilah kita mohon," ucap pembaca doa umat disiarkan di YouTube Komsos Katedral Jakarta seperti dilihat detikcom, Senin (2/5/2022).

Kemudian umat Katolik pun menjawab doa umat tersebut. Mereka berdoa agar permintaan tersebut dikabulkan.

"Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan," jawab umat Katolik.

Tak hanya soal Idul Fitri, umat Katolik juga mendoakan para buruh yang tengah merayakan Hari Buruh atau May Day, yang jatuh pada 1 Mei 2022. Untuk diketahui, ibadah misa tersebut dipimpin langsung oleh Uskup Kardinal Iqnatius Suharyo Hardjoatmojo.

Video viral ini mendapat apresiasi luas dari pengguna Tiktok. Salah satu pengguna medsos mengucapkan terima kasih atas doa tersebut.

"Terima kasih banyak atas ucapan nya salam toleransi dari Islam," tulis rif**136.

Sebagian juga mengaku terharu dengan cuplikan video tersebut. Banyak juga yang mendoakan balik kepada para umat Katolik.

"Terimakasih banyak atas doa nya. Semoga doa baik berbalik kepada anda semuanya," tulis ev***hyo_ty

Simak Video: Cerita Penumpang dari Banjarmasin Salat Idul Fitri di Kapal

[Gambas:Video 20detik]



(maa/imk)