Salat Id di Istiqlal Kembali Digelar, Wamenag: Jadi Momen Perkuat Persaudaraan

Anggi Muliawati - detikNews
Senin, 02 Mei 2022 09:56 WIB
Wamenag Zainut usai salat Id di Masjid Istiqlal, Jakarta
Wamenag Zainut seusai salat Id di Masjid Istiqlal, Jakarta (Anggi/detikcom)
Jakarta -

Masjid Istiqlal, Jakarta, kembali menggelar salat Idul Fitri setelah dua tahun tidak ada salat berjemaah karena pandemi COVID-19. Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi merasa bersyukur bisa kembali salat Id di Istiqlal.

"Alhamdulillah, ini bisa diikuti secara bersama-sama, yang pertama dan juga diselenggarakan dengan kelonggaran tanpa ada pembatasan-pembatasan. Ini merupakan satu anugerah yang kita syukuri, karena dua tahun kemarin kita tidak bisa lakukan Idul fitri dengan cara yang leluasa," kata Zainut di Masjid Istiqlal, Senin (2/5/2022).

Zainut menuturkan salat Id berjemaah di Istiqlal merupakan sebuah momentum baik untuk bangkit kembali. Idul Fitri merupakan kembalinya nilai-nilai fitrah.

"Untuk itu, ini merupakan momentum yang baik agar kita bangkit kembali. Ini Idul fitri artinya kita kembali pada nilai-nilai kejatian kita sebagai manusia. Sebagai insan yang semoga nilai-nilai kesucian fitrah setelah kita melaksanakan bulan suci Ramadan beribadah bulan suci satu bulan penuh, kita jadi manusia yang suci kembali. Dengan itu, kita bangkit untuk menghadapi hari esok lebih baik," katanya.

Zainut berharap Idul Fitri tahun ini dapat menguatkan persaudaraan antarmanusia. Menurutnya, Idul Fitri menjadi momen meningkatkan iman dan takwa.

"Mudah-mudahan Idul fitri bisa lebih menguatkan persaudaraan kita, baik persaudaraan sesama manusia atau sesama umat Islam dan umat bangsa, karena Idul Fitri ini jadi momentum baik bagaimana kita meningkatkan iman dan takwa kita demi kebaikan bersama," imbuhnya.

Seperti diketahui, sejumlah pejabat negara menunaikan salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal. Mulai Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi, hingga beberapa Menteri Kabinet Indonesia maju.

(dek/dek)