Cerita Warga Mudik di H-1 Lebaran Demi Hindari Kemacetan Lalu Lintas

Wildan Noviansah - detikNews
Minggu, 01 Mei 2022 19:58 WIB
Yudi Firmansyah
Yudi Firmansyah (Foto: Wildan/detikcom)
Jakarta -

Kepolisian melakukan rekayasa lalu lintas seperti ganjil genap hingga one way di beberapa ruas jalan tol untuk meminimalisir kemacetan pada arus mudik Lebaran tahun ini. Beberapa pemudik justru mencari celah untuk menghindari kemacetan lalu lintas dengan berangkat di H-1 Lebaran.

Salah satunya warga bernama Yudi Firmansyah (25) yang melakukan perjalan mudik dari Tangerang, Banten. Yudi dan keluarganya memilih untuk mudik hari ini demi menghindari kemacetan lalu lintas.

"Saya milih hari ini karena tadi saat baca berita katanya peraturan itu udah dicabut, jadi memutuskan untuk berangkat dadakan," kata Yudi kepada wartawan, Minggu (1/5/2022).

Yudi mengatakan awalnya dia dan keluarganya berencana mudik ke Pangandaran setelah lebaran. Tetapi melihat kondisi di jalanan yang dianggap sudah mulai sepi di H-1 Lebaran, akhirnya ia memutuskan mudik hari ini.

"Awalnya saya mau berangkat abis lebaran tuh kan biasanya suka sepi. Tapi ngeliat aturan sudah dicabut jadi berangkat hari ini," ucapnya.

Yudi memilih untuk tidak melakukan perjalanan pada puncak arus mudik karena sudah tahu kondisi arus lalu lintas akan macet parah.

"Saya sudah prediksi kemairn bakal macet parah. Jadi milihnya hari ini, polisi ngatur ini itu (rekayasa lalin) juga pasti udah tau kan macet parah, jadi saya hindari itu," ujarnya.

Yudi menambahkan perjalanannya hari ini berjalan lancar. Dari Tangerang menuju Km 57 Tol Jakarta-Cikampek hanya ditempuh dalam waktu 2 jam.

"Tadi macet tersendat cuma ada mobil yang meledak ban. Tadi berangkat sore jam 4 nyampe jam 6. Kalau liat pemudik yang berangkat kemarin serem ya, bisa sampai berjam-jam lamanya," katanya.

Penuturan serupa juga diungkapkan oleh Muhidin (31) pemudik dari Jakarta. Menurtunya, perjalanan dari rumahnya yang berlokasi di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, hingga ke Km 57 hanya ditempuh dalam waktu kurang dari 2 jam.

"Kurang dari dua jam, berangkat kurang lebih jam set 5 (sore) nyampe sini maghrib," ucapnya.

Selaras dengan Yudi, Muhidin memilih mudik sekarang demi terhindar dari kemacetan arus lalu lintas.

"Kita sebagai pemudik udah tahu lah, kapan waktunya macet-macetan, kapan waktunya semua orang keluar. Jadi saya memilih hari ini buat ngehindarin itu," pungkasnya.

(fas/fas)