ADVERTISEMENT

PP Muhammadiyah Prediksi Pemerintah Tetapkan Idul Fitri Seragam di 2 Mei

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Minggu, 01 Mei 2022 15:00 WIB
Ketua PP Muhammadiyah Dadang Kahmad
Ketua PP Muhammadiyah Dadang Kahmad (Dok. Situs Muhammadiyah)
Jakarta -

Pemerintah akan menggelar sidang isbat penetapan awal Syawal atau Idul Fitri 1443 H sore ini. PP Muhammadiyah memprediksi pemerintah akan menetapkan Hari Raya Idul Fitri tahun ini sama dengan Muhammadiyah, yakni 2 Mei 2022.

"Iya," ujar Ketua PP Muhammadiyah Dadang Kahmad saat dimintai konfirmasi, Minggu (1/5/2022).

Dadang menjelaskan Lebaran tahun ini akan diselenggarakan bersamaan. Apalagi, posisi hilal hari ini akan mencapai di atas 4 derajat.

"Karena menurut hisab tinggi bulan pada waktu matahari terbenam hari ini sudah di atas 4 derajat. Menurut saya, insyaallah tahun ini Lebaran akan bersama, yaitu besok 2 Mei 2022," imbuhnya.

Sebelumnya, Kementerian Agama (Kemenag) mengundang organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam dan duta besar negara sahabat pada sidang isbat penetapan awal Syawal atau Idul Fitri 1443 H. PP Muhammadiyah memastikan akan menghadiri sidang isbat itu sore ini.

Sekretaris Umum (Sekum) PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti mengonfirmasi kehadiran itu. Mu'ti menyebut PP Muhammadiyah diwakili oleh Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Syamsul Anwar.

"PP Muhammadiyah diwakili Prof Syamsul Anwar, Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah," ujar Abdul Mu'ti saat dimintai konfirmasi, Minggu (1/5).

Simak Video: Momen Tarekat Naqsabandiyah Sumut Gelar Salat Idul Fitri Hari Ini

[Gambas:Video 20detik]



(drg/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT