Puskesmas di Klaten Digeruduk Gegara Warga Meninggal Usai Tak Pinjami Ambulans

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 30 Apr 2022 16:55 WIB
Ilustrasi ambulans.
Ilustrasi ambulans (Foto: dok. Istock)
Jakarta - Puskesmas Gantiwarno, Klanten, Jawa Tengah, diprotes warga setempat. Pasalnya, ada salah seorang warga yang meninggal setelah telat dibawa ke rumah sakit karena tak dipinjami ambulans oleh Puskesmas.

Dilansir dari detikJateng, warga Desa Jabung, Kecamatan Gantiwarno, Rais (32) mengatakan ada warga bernama Danang yang tiba-tiba tidak sadarkan diri setelah bermain badminton kemarin malam. Pihak RT kemudian berinisiatif meminjam mobil ambulans ke Puskesmas.

"Terus warga pinjam ke Puskesmas tapi tidak boleh. Padahal saat itu masih ada napas. Seandainya pakai ambulans, kan ada oksigen," kata Rais, Sabtu (30/4/2022).

Warga kemudian menggunakan mobil pribadi dan membawa Danang ke rumah sakit. Saat tiba di RS, Danang sudah meninggal.

Akibat kejadian tersebut, warga langsung menggeruduk Puskesmas. Warga mengatakan kecewa terhadap tindakan Puskesmas.

"Ini tidak sekali dua kali, Pak. Kalau dipinjami ambulans sama warga, alasannya prosedur. Warga tadi malam geruduk Puskesmas sekitar 100 orang sampai jam 02.00 WIB," imbuh Rais.

Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Klaten dokter Cahyono Widodo mengatakan pihaknya telah mengambil tindakan, di antaranya meminta keterangan pihak Puskesmas.

"Tadi malam sudah kita tindak lanjuti ke Kepala Puskesmas. Saat kejadian, yang jaga shift kebetulan wanita semua, sehingga tidak berani," kata Cahyono kepada detikJateng, hari ini.

Simak berita selengkapnya di sini. (aik/aik)