Sidak Terminal Kota Bekasi, Plt Walkot Ungkap Puncak Mudik Kemarin Malam

Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Sabtu, 30 Apr 2022 14:09 WIB
Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto dan Kapolres Bekasi Kombes Hengky saat sidak di terminal Bekasi
Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto dan Kapolres Bekasi Kombes Hengky saat sidak di Terminal Bekasi (Muhammad Hanafi/detikcom)
Bekasi -

Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto mengunjungi Terminal Bus Kota Bekasi siang ini. Dalam kunjungannya, Tri menyebut puncak mudik di Terminal Bekasi pada Jumat (30/4) malam.

"Puncaknya semalam saya kira. Ini saya kira hanya untuk puncak angkutan jarak pendek itu justru kita perkirakan besok dan hari pertama Lebaran. Puncaknya tadi malam, sempat 2.000 lebih (pemudik). Sekarang sisa saja," ujar Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto saat sidak di Terminal Kota Bekasi, Sabtu (30/4/2022).

Pantauan detikcom, di Terminal Kota Bekasi Jl Ir H Juanda, sejak pukul 11.30 WIB, terlihat penumpang mulai memadati terminal. Mereka tengah menunggu bus yang akan mengantarkan ke kampung halaman.

Kepadatan penumpang sempat menumpuk di depan kantor PO bus yang ada di Terminal Bekasi. Namun Tri mengatakan kepadatan itu terjadi lantaran keterlambatan bus yang mereka tumpangi akibat arus lalu lintas menuju Terminal Bekasi.

"Ya keterlambatan ini kan bukan karena kesengajaan dari pemilik PO. Tapi memang situasi kondisi yang dinamis di mana prinsipmya kendaraan itu ada, hanya memang sampai di Terminal Bekasi ini terlambat datang. Saya kira tidak ada penumpang yang telantar, itu paling penting," tambahnya.

"Bagi penumpang yang memang akan hadir ke terminal itu juga, mereka juga ada keterlambatan ke terminal ini juga ngaruh. Busnya ada, tidak bisa berangkat karena menunda 1-2 penumpang yang kemudian terlambat hadir di terminal," sambung Tri.

Dia memastikan kepadatan pemudik yang ada di terminal Bekasi tersebut tidak akan terjadi pada hari-hari selanjutnya jelang lebaran 2022. Namun Tri memastikan semuanya tergantung dengan arus lalu lintas yang dinamis.

"Sepanjang kalau situasi lalu lintas normal, kita bisa pastikan tidak ada keterlambatan. Yang tidak bisa pastikan kan kondisi lalu lintasnya," ujarnya.

Dalam kunjungan sidaknya tersebut, Tri tampak didampingi oleh Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Hengki. Keduanya tampak berkunjung ke masing-masing PO bus, ramah tamah dengan penumpang, hingga memeriksa kabin beberapa bus.

(lir/lir)