Geram, Ketua Komisi VIII DPR Minta Foto Pelaku Onani di KRL Dipajang!

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Sabtu, 30 Apr 2022 12:53 WIB
Yandri Susanto (Zhacky/detikcom)
Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto (Zhacky/detikcom)
Jakarta -

Sebuah video yang memperlihatkan seorang pria diduga melakukan onani di dalam kereta rel listrik (KRL) viral di media sosial (medsos). Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto meminta foto pelaku onani dipajang agar timbul efek jera dan mencegah kejadian serupa terulang.

"Harus ada efek jera kepada pelaku," kata Yandri kepada wartawan, Sabtu (30/4/2022).

"Foto pelaku bisa juga dipajang di stasiun sebagai efek jera dan jadi pedoman penumpang lain supaya tidak melakukan hal yang sama," imbuh dia.

Wakil Ketua Umum (Waketum) PAN itu juga mendorong PT KAI melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang secara khusus merespons kejadian tak senonoh tersebut. "Dan perlu adanya sosialisasi ke masyarakat umum untuk tidak melakukan hal-hal yang tidak senonoh dalam perjalanan kereta api," kata dia.

Sebelumnya, beredar video yang memperlihatkan seorang pria melakukan aksi tak senonoh menggunakan tangan yang ditutupi map plastik di KRL. Kondisi gerbong KRL saat itu terlihat dalam kondisi cukup padat.

Tampak pria itu mengenakan hoodie berwarna oranye dan topi putih. Pria itu juga mengenakan kacamata, celana panjang, dan sepatu putih.

Pornoaksi yang dilakukan pria tersebut diduga direkam oleh penumpang lain yang duduk di depannya.

Pihak PT KAI Commuter menyatakan petugas keamanan dalam (PKD) telah turun tangan dan mengamankan pria tersebut di Stasiun Parung Panjang. Diduga peristiwa itu terjadi pada Jumat (29/4/2022).

"Setelah kami lakukan koordinasi dan pengecekan, perihal tersebut sudah diamankan oleh petugas keamanan Stasiun Parung Panjang. Terima kasih atas informasi yang telah diberikan, kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya," demikian keterangan KAI Commuter melalui akun Twitter @CommuterLine seperti dilihat, Sabtu (30/4).

(fca/hri)