Pemprov DKI Ajak Warga Berwisata Selama Libur Lebaran 2022

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Sabtu, 30 Apr 2022 12:53 WIB
Tebet Eco Park telah diresmikan pada Sabtu (23/4) kemarin. Fasilitas di Tebet Eco Park bisa digunakan untuk beraktivitas dan berinteraksi tanpa dikenakan biaya.
Foto: Rengga Sencaya
Jakarta -

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengajak warga-nya berwisata untuk mengisi libur Lebaran 2022. Pemprov DKI Jakarta menawarkan beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh masyarakat.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Andhika Permata mengatakan terdapat berbagai pilihan destinasi wisata. Mulai dari wisata edukasi, wisata taman kota, wisata kuliner, hingga wisata belanja.

"Di Jakarta itu ada banyak pilihan destinasi dan aktivitas wisata yang dapat dikunjungi. Ada museum, 120 taman dan hutan kota, taman rekreasi, taman margasatwa, pusat perbelanjaan, dan tempat kuliner yang siap dikunjungi selama libur Idul Fitri," ujarnya di Jakarta, Sabtu (30/4).

Salah satu yang ditawarkan oleh Pemprov DKI adalah Tebet Eco Park. Taman yang terletak di Jakarta Selatan ini bisa dikunjungi selama Lebaran pukul 07.00-17.00 WIB.

Selain Tebet Eco Park, taman-taman lainnya seperti Taman Menteng, Taman Ayodya, Taman Langsat, Taman Puring dan Taman Situ Lembang juga di buka di waktu yang sama. Khusus Taman Lapangan Banteng baru bisa dikunjungi di hari kedua Idul Fitri.

"Khusus di hari pertama Idul Fitri, taman-taman tersebut mulai beroperasi setelah pelaksanaan salat Idul Fitri," jelasnya.

Selain taman, musem yang dikelola oleh Dinas Kebudayaan DKI Jakarta juga buka sejak 3 Mei 2022. Sementara museum lainnya dapat dikunjungi mulai tanggal 4 Mei 2022.

Andhika menuturkan wisatawan bisa berkeliling Jakarta dengan berjalan kaki atau menggunakan transportasi bus wisata. Semua pilihan tersebut, kata dia, dapat dilakukan secara mandiri ataupun memanfaatkan paket wisata yang tersedia.

Bahkan, masyarakat bisa berwisata kuliner di berbagai restoran dan kafe usai menyambangi berbagai objek wisata itu.

Destinasi wisata selanjutnya yaitu wisata bahari di Kepulauan Seribu dengan jarak yang tidak jauh dari pesisir Jakarta. Terdapat 6 Pulau Penduduk, 5 Pulau Resort, Taman Nasional Kepulauan Seribu dan Museum Arkeologi di Pulau Onrust, Pulau Cipir dan Pulau Kelor yang siap menyambut wisatawan.

Berbagai pilihan atraksi wisata seperti snorkeling, menyelam, memancing, island hopping, atau sekadar menikmati keindahan matahari terbenam juga dapat dinikmati di sana.

Dalam hal ini, Disparekraf DKI turut menggandeng berbagai asosiasi industri pariwisata, antara lain Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI), Perhimpunan Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI), Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) Jakarta, Asosiasi Perusahaan Penjual Tiket Penerbangan Indonesia (ASTINDO) Jakarta, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jakarta, dan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Jakarta.

(taa/aik)