Layanan Vaksinasi Booster di Stasiun Senen-Gambir Bakal Diperpanjang

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Sabtu, 30 Apr 2022 11:53 WIB
PT KAI menyediakan vaksin Covid-19 secara gratis
Pelayanan vaksinasi di Stasiun Pasar Senen, Jakarta. (Foto: dok. PT KAI)
Jakarta -

PT KAI Daop 1 Jakarta berencana memperpanjang layanan vaksinasi dosis ketiga atau booster COVID-19 di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen. Selain diperuntukkan bagi calon penumpang kereta, pihaknya juga melayani penyuntikan vaksinasi bagi masyarakat umum.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan rencana perpanjangan layanan vaksinasi booster tersebut masih dikoordinasikan dengan instansi terkait. Selain booster, sentra vaksinasi yang disediakan juga melayani dosis 1 dan 2.

"Untuk layanan vaksinasi kita masih berkoordinasi oleh Dinkes, TNI, Polri sebagai penyelenggara. Direncanakan untuk diperpanjang tapi kami informasikan kembali," kata Eva saat ditemui di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (30/4/2022).

Eva masih belum dapat memerinci periode perpanjangan layanan vaksinasi itu. Namun, dia memastikan tak ada kuota untuk pelayanan vaksinasi COVID-19 di stasiun. Jenis vaksin yang disuntikkan, lanjut dia, tergantung stok yang tersedia.

"Tidak ada kuotanya, kita koordinasi oleh Dinkes dan TNI-Polri. Tidak ada kuota dan sejauh ini belum pernah ada case dia sudah datang karena vaksin. Jadi semuanya masih terlayani dengan baik. Untuk jenis vaksinnya berbeda, tergantung ketersediaan stoknya," jelasnya.

Di sisi lain, Eva mengingatkan agar penumpang tak melakukan vaksin COVID-19 bersamaan dengan waktu keberangkatan. Dia menyarankan penumpang telah melakukan vaksinasi maksimal H-1 keberangkatan.

"Kembali kami informasikan ke penumpang jika sudah melakukan pembelian tiket bisa langsung memilih sentra vaksin terdekat untuk langsung melakukan vaksin. Artinya tidak perlu susun jadwal vaksin pada waktu mendekati keberangkatan. Jadi segera saja melakukan vaksin," imbau dia.

Diketahui, sebanyak 330 ribu penumpang berangkat hingga 1 Mei mendatang. PT KAI memprediksi puncak mudik pada 27 April-1 Mei.

Eva menyampaikan kuota tiket keberangkatan usai periode puncak mudik lebaran 2022 telah terisi 60%.

"Kalau tanggal alternatif di tanggal 2 sudah mencapai 60%, sama di tanggal 3 juga. Artinya masih terhitung cukup tinggi untuk karakteristik keberangkatan setelah Lebaran. Justru biasanya menurun tapi saat ini kita lihat di tahun ini bahkan sampai 5 Mei keterisiannya itu sudah 50%," ungkapnya.

Simak selengkapnya di halaman berikut.