Contraflow Diberlakukan di Km 47 Tol Japek Sampai Km 70 GT Cikatama Pagi Ini

ADVERTISEMENT

Contraflow Diberlakukan di Km 47 Tol Japek Sampai Km 70 GT Cikatama Pagi Ini

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Sabtu, 30 Apr 2022 08:27 WIB
Sejumlah kendaraan memadati ruas jalan jalur Puncak, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat,  Kamis (29/10/2020). Pada cuti bersama serta libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW hari ke-dua jalur wisata Puncak Bogor semakin dipadati kendaraan wisatawan, Sat Lantas Polres Bogor memberlakukan rekayasa lalu lintas sistem satu jalur atau one way dan sistem lawan arah atau contraflow untuk mengurai kepadatan kendaraan. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/nz
Ilustrasi contraflow di jalan tol (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)
Jakarta -

Kebijakan one way atau satu arah di Km 47 Tol Jakarta-Cikampek (Japek) telah berakhir. Kini petugas menerapkan kebijakan contraflow dari Km 47 Japek hingga Km 70 GT Cikatama.

"Saat ini dari Km 47 diubah jadi jalur contraflow sampai Km 70. Iya benar (Cikatama)," ujar petugas call center Jasa Marga, Rafli, saat dihubungi pada pukul 08.10 WIB, Sabtu (30/4/2022).

Rafli mengatakan dua lajur digunakan untuk contraflow. Dia menyebut kendaraan dari arah Bandung hingga Cikampek sudah bisa melintas ke Jakarta via jalan tol.

"Yang dari arah Bandung sudah bisa, dari arah Karawang Timur, dan dari arah Cikampek sudah bisa," tuturnya.

Sementara itu, Rafli mengungkapkan Tol Japek masih mengalami kepadatan di sejumlah ruas. Dia menjelaskan kemacetan terjadi akibat tingginya volume kendaraan yang melintas.

"Tol Japek masih ada kepadatan, yang pertama dari Bekasi Timur sampai Cikarang Barat, kemudian padat lagi dari Delta Mas dari Cikarang Timur sampai Karawang Barat," imbuh Rafli.

Sebelumnya, Korlantas Polri melakukan rekayasa lalu lintas untuk memperlancar arus mudik berupa one way. One way sudah dilakukan sejak tadi malam pukul 23.00 WIB dari Km 47 Tol Jakarta-Cikampek (Japek) hingga Km 414 Tol Kalikangkung.

"Pukul 23.00 WIB malam ini akan dilaksanakan kembali one way dari Km 47 sampai Km 70, yang otomatis menjadi one way Km 47 sampai Kalikangkung 414 hingga pukul 08.00 WIB besok," ujar Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Eddy Djunaedi kepada wartawan, Jumat (29/4).

Eddy mengatakan one way dilakukan sejak tadi malam karena arus kendaraan dari Jakarta menuju arah Jawa mulai meningkat. Sedangkan arus lalu lintas dari arah Jawa Barat menuju Jakarta lancar.

"Adanya peningkatan arus dari Metro Jaya, sementara arus samping dari Polda Jabar ke Jakarta situasi landai dan memungkinkan untuk diberlakukan one way," tuturnya.

Simak Video: Penampakan One Way di Tol Jakarta-Cikampek, Lalin Padat Merayap

[Gambas:Video 20detik]



(drg/hri)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT