Muncul Keluhan Warga soal One Way Mudik Lebaran 2022

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 29 Apr 2022 21:30 WIB
Papan pengumuman one way di Pos PAM Gandulan, Pemalang, sebelum masuk GT Pemalang. Foto diambil Kamis (28/4/2022).
Foto ilustrasi one way. (Robby Bernardi/detikJateng)
Jakarta -

Sistem satu arah atau one way diberlakukan di Km 47 Tol Jakarta-Cikampek (Japek) hingga Km 414 Tol Kalikangkung selama mudik Lebaran. Namun, skema one way ini memicu keluhan warga.

Sebagaimana diketahui, one way adalah skema lalu lintas satu arah yang diberlakukan untuk memecah kepadatan lalu lintas. One way bakal diterapkan selama mudik Lebaran, yakni mulai 28 April hingga 6 Mei 2022.

Selain one way, ada dua istilah lain yang digunakan untuk pengaturan lalu lintas selama mudik Lebaran, yaitu contraflow dan ganjil-genap.

Contraflow adalah skema lalu lintas yang mengubah arah normal arus kendaraan pada suatu jalan raya. Skema ini dapat diterapkan untuk berbagai keperluan seperti mengatasi kemacetan, pemeliharaan jalan hingga evakuasi darurat.

Namun, sistem one way ini justru menyebabkan kemacetan di beberapa titik. Kemacetan sepanjang enam kilometer terjadi menuju arah masuk one way Tol Japek.

"Lalin di Tol Jakarta arah Cikampek masih ada kepadatan dari sekitaran Km 41-47 untuk arah masuk ke one way-nya," kata petugas call center Jasa Marga, Ahmad saat dihubungi, Jumat (29/4/2022) pukul 04.51 WIB.

Kepadatan kendaraan juga terjadi di sejumlah titik Tol Japek. Yakni dari Km 32 hingga 33 dan Km 34 hingga rest area Km 39.

"Informasi awal dari Km 32 sampai dengan 33, lalu dari sekitaran Km 34 saat ini hingga rest area Km 39 kemudian," ujarnya.

Bagaimana penjelasan polisi? Baca di halaman selanjutnya.