Jokowi Terima Kunjungan PM Jepang Fumio Kishida di Istana Bogor

Eva Safitri - detikNews
Jumat, 29 Apr 2022 17:31 WIB
Jokowi terima PM Jepang
Presiden Jokowi menerima kunjungan PM Jepang Fumio Kishida. (Foto: Tangkapan layar)
Jakarta - Presiden Jokowi menerima kunjungan Perdana Manteri Jepang Fumio Kishida. Pertemuan keduanya akan membahas sejumlah hal kerja sama bilateral hingga berbagai isu dunia, termasuk KTT G20.

Upacara penyambutan PM Jepang Fumio Kishida digelar di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (29/4/2022). Penyambutan diiringi dengan lagu kenegaraan dari kedua negara. Ada juga pengiringan dengan 19 kali tembakan meriam.

Kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan pengisian buku tamu oleh PM Jepang Fumio Kishida. Lalu keduanya Jokowi dan Kishida menanam pohon cendana di halaman belakang Istana. Penanaman pohon bersama ini merupakan rutinitas saat menerima kunjungan tamu negara ke Istana Kepresidenan Bogor.

Jokowi berterima kasih atas kunjungan Kishida ke Indonesia. Jokowi menilai kunjungan Kishida sebagai semangat baru untuk bekerja sama memulihkan ekonomi dunia di tengah situasi yang kompleks.

"Perdana Menteri Kishida, selamat datang kembali ke Indonesia, merupakan kehormatan bagi saya untuk menerima kunjungan Yang Mulia dan delegasi, dan kehadiran Yang Mulia menjelang akhir bulan puasa memberikan semangat baru bagi kita untuk bekerja sama bagi pemulihan ekonomi di tengah situasi dunia yang sangat kompleks," ujarnya.

Jokowi mengatakan dirinya sudah membahas sejumlah hal secara 4 mata dengan Kishida. Dia bertukar pikiran mengenai kondisi Ukraina dan membahas KTT G20.

"Dalam pertemuan 4 mata tadi, kita juga sudah bertukar pikiran mengenai kondisi di Ukraina dan G20. Oleh karena itu, dalam pertemuan pleno ini saya berharap kita dapat membahas kerja sama bilateral kita dan isu dunia lainnya," ujarnya.

Jokowi terima PM JepangJokowi menerima PM Jepang. (Foto: Tangkapan layar)

Kishida juga mengucapkan terima kasih kepada Jokowi atas penyambutan yang digelar. Dia berharap pertemuan itu mempererat kerja sama kemitraan strategis Indonesia-Jepang.

"Saya sekali lagi mengucapkan terimakasih kepada yang mulia presiden dan semua delegasi dam masyarakat Indonesia atas sambutan yang luar biasa di tengah bulan Ramadan. Pada kesempatan istimewa ini, saya ingin mempererat lebih lanjut pada kemitraan strategis kedua negara yang akan menyambut peringatan 65 tahun hubungan diplomatik pada tahun depan. Oleh karena itu, saya juga ingin berdiskusi dengan yang mulia mengenai berbagai topik antara lain kerja sama bilateral dalam bidang investasi dan energi serta G20 yang diketuai Presiden Jokowi," kata Kishida yang diterjemahkan.

Pertemuan itu akan ditutup oleh jamuan makan malam resmi. Diketahui, Kishida juga dijadwalkan mengunjungi TMP Kalibata pada 30 April 2022 untuk melaksanakan prosesi peletakan karangan bunga.

Hadir dalam pertemuan itu delegasi pemerintahan Jepang. Sedangkan delegasi Indonesia adalah Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menlu Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Mensesneg Pratikno, Menteri ESDM Arifin Tasrif, Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Kemenlu Abdul Kadir Jaelani, serta Duta Besar Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi. (eva/knv)