Minta Maaf, Polisi Jelaskan Alasan One Way Mudik di Tol Lewat Jam 12 Malam

Nahda Rizki Utami - detikNews
Jumat, 29 Apr 2022 14:16 WIB
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi
Foto: dok. Istimewa
Jakarta -

Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi menyampaikan alasan diterapkannya one way arus mudik dari Km 47 Tol Japek hingga Gerbang Tol Cikampek Utama (Cikatama) sampai lewat jam 12 malam. Firman mengatakan penerapan one way lewat jam 12 malam karena arus mudik masih tinggi.

"Jadi kita kemarin pertimbangkan sampai menjelang selesai kemarin adalah menjelang rencana jam 12 (malam) sesuai yang disampaikan Bapak Kapolri. Artinya, asumsinya, kalau yang berangkat lebih awal lebih banyak dan sampai jam 12 (malam), kita anggap bisa turun. Tapi ternyata tadi malam, yang terjadi di lapangan justru semakin tinggi," kata Firman kepada wartawan Jumat (29/4/2022).

Sejatinya penerapan one way selama arus mudik di tol ini dimulai pukul 07.00 WIB sampai 24.00 WIB. Namun fakta di lapangan one way masih diberlakukan selepas jam 12 malam.

Firman menerangkan penerapan one way di tol dilakukan situasional. Selain one way, kebijakan contraflow juga akan dilakukan.

"Ya kita ini sangat dinamis, tapi ya tetap jadwal harusnya hari ini sudah one way seperti tadi malam. Kalau tadi malam itu banyak yang berangkat dan hari ini Polda Metro tidak banyak lagi yang terkirim kami akan tetap mungkin diperpanjang lagi nanti untuk contraflow," kata Firman.

"Tapi sejauh ini kita akan pantau dulu di Cikatama kalau memang itu memungkinkan kita sampaikan ke jajaran untuk kesiapan," sambungnya.

Untuk diketahui one way adalah skema lalu lintas satu arah yang diberlakukan untuk memecah kepadatan lalu lintas. Contraflow adalah skema lalu lintas yang mengubah arah normal arus kendaraan pada suatu jalan raya.

Firman menjelaskan pihaknya akan mengambil keputusan untuk melaksanakan sistem contraflow jika kondisi lalu lintas mulai menipis.

"Jadi tidak seluruhnya jalur kita pakai ke arah timur, one way. Kita hanya menggunakan satu lajur saja," tambahnya.

Saat ini contraflow sedang diberlakukan sejak pukul 10.00 WIB. Masyarakat dari wilayah Bandung menuju Jakarta tetap dapat menggunakan jalur tersebut.

"Jadi tidak seluruhnya lagi jalur kita pakai untuk ke arah timur one way kita hanya menggunakan satu lajur saja tapi tetap ke arah timur untuk membantu saudara-saudara kita yang tadi Pak Kapolri sampaikan yang akan menuju ke wilayah Jakarta dari Bandung dan lain sebagainya, Karawang itu bisa menuju Jakarta," ujar Firman.

Firman meminta maaf. Dia mengimbau kepada masyarakat untuk melihat perkembangan dan memastikan apakah jalan yang ingin dilalui terbuka atau tidak.

"Nah ini yang saya sampaikan, lebih baik mendengarkan perkembangan, pastikan hari ini buka atau tidak," kata Firman.

"Tolong sampaikan permohonan maaf kita kepada masyarakat," tambahnya.

Simak juga video 'Penerapan One Way Bikin Bis di Terminal Bekasi Telat 3 Jam':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)