TGUPP Anies Sebut Jubir PSI Sebar Hoax Video Anies Bagikan Kaus di Bus

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 29 Apr 2022 11:43 WIB
Anies Baswedan lepas peserta mudik gratis
Foto: Dok. Instagram Anies Baswedan
Jakarta -

Juru bicara PSI Sigit Widodo mengunggah video dengan narasi Gubernur DKI Anies Baswedan membagi-bagikan kaus kepada pemudik. Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) menegaskan narasi yang dibuat PSI hoax.

Dilihat detikcom, Jumat (29/4/2022), video itu diunggah Sigit melalui akun Twitternya, Kamis (28/4). Sigit menarasikan Anies membagikan secara langsung kausnya saat mengenakan seragam gubernur. Sebagai kalimat penutup cuitannya, Sigit meminta Anies atau relawan mengklarifikasi video yang dia unggah.

"Sekarang malah beredar video Pak @aniesbaswedan membagi-bagikan kaosnya kepada para pemudik dengan menggunakan baju seragam gubernur. Itu kegiatan Pemprov @DKIJakarta yang menggunakan uang rakyat Rp 13,7 miliar dana APBD. Mungkin Pak Anies atau relawannya bisa klarifikasi?" demikian cuitan Sigit.

Anggota TGUPP Naufal Firman Yursak menegaskan narasi yang dibuat Sigit hoax. Naufal menerangkan saat itu Anies hanya membagikan peralatan untuk menunjang protokol kesehatan.

"Centang biru penyebar hoax begini enaknya diapain? Dia nggak hadir di lokasi, dia nggak lihat apa yg dibagi, bisa-bisanya bilang kaos. Biar lurus: yang dibagikan itu perangkat prokes, masker, hand sanitizer, dll. Mas @elonmusk perlu cabut centang biru penyebar hoax begini," tulis Naufal, merespons cuitan Sigit.

Dimintai konfirmasi soal tudingan sebar hoax, Sigit menantang pembuktian paket yang dibagikan tidak ada kaus. Sigit kemudian menyinggung soal sosok pria dalam video yang mengenakan kaus kampanye saat mendampingi Anies membagikan bungkusan.

"Saya memposting video yang beredar dan menampilkan Pak Anies tengah memberikan bungkusan yang terlihat seperti kaus. Kalau itu diklaim bukan kaus, silakan dibuktikan saja," kata Sigit.

Pemprov DKI Membantah

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mengaku tak ada penganggaran dari APBD DKI untuk mengadakan kaus 'Anies Presiden'. Kabid Angkutan Jalan Dinas Perhubungan DKI Jakarta Yayat Sudrajat menjelaskan paket yang dibagikan hanya berisikan tool kits berupa hand sanitizer, masker, serta peralatan lainnya.

"Demi Allah saya nggak pernah tahu-menahu dan nggak pernah memfasilitasi kaitannya dengan adanya kaus itu," kata saat dimintai konfirmasi, Kamis (28/4/2022).

"Yang dibagikan ke peserta pemudik setahu saya dari PMI berupa satu tool kits untuk kesehatan. Ada hand sanitizer, masker, hanya itu yang saya tahu. Tidak ada pembagian kaus," tegasnya.

Adapun tool kits itu pemberian Palang Merah Indonesia (PMI). Dia menegaskan sejak awal Pemprov DKI tak pernah mengalokasikan APBD untuk pembelian kaus atau barang apa pun untuk peserta mudik.

(idn/gbr)