ASDP Jelaskan soal Jumlah Kapal yang Disorot Terkait Macet Menuju Merak

Haris Fadhil - detikNews
Kamis, 28 Apr 2022 21:52 WIB
Sejumlah kendaraan pribadi yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera antre di Dermaga V Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Selasa (26/4/2022). Seiring makin meningkatnya jumlah arus mudik PT ASDP Merak menambah jumlah perjalanan/trip kapal ferry dari 72 trip menjadi 77 trip sejak Senin (25/4) dan secara keseluruhan total penumpang yang menyeberang naik tajam dalam 3 hari dari 23.650 orang menjadi 35.075 orang pada hari Senin (25/4) kemarin dengan rincian jumlah penumpang pejalan kaki sebanyak 627 orang dan 34.440 orang dalam kendaraan. ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/aww.
Ilustrasi Suasana di Pelabuhan Merak (ANTARA FOTO/ASEP FATHULRAHMAN)
Jakarta -

Polisi menyoroti jumlah kapal saat memberi penjelasan soal kemacetan menuju Pelabuhan Merak. PT ASDP memberi klarifikasi dan menjelaskan soal jumlah kapal di Pelabuhan Merak.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Shelvy Arifin, awalnya menegaskan ASDP tidak pernah menjanjikan pengoperasian 69 kapal di Merak-Bakauheni pada pelayanan angkutan Lebaran 2022.

"ASDP tidak pernah menjanjikan pengoperasian 69 kapal di Merak-Bakauheni pada layanan Angkutan Lebaran Tahun 2022 karena bukan sebagai pihak yang berwenang dalam pengaturan dan penjadwalan kapal," ujar Shelvy kepada wartawan, Kamis (28/4/2022).

Dia mengatakan pengaturan dan penjadwalan kapal yang beroperasi di Merak-Bakauheni merupakan kewenangan Kemenhub. Berikut ini klarifikasi lengkap PT ASDP:

1. ASDP tidak pernah menjanjikan pengoperasian 69 kapal di Merak-Bakauheni pada layanan Angkutan Lebaran Tahun 2022 karena bukan sebagai pihak yang berwenang dalam pengaturan dan penjadwalan kapal.

2. Pengaturan dan penjadwalan kapal yang beroperasi di lintas penyeberangan Merak-Bakauheni adalah kewenangan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kementerian Perhubungan selaku regulator. Di mana untuk di Pelabuhan Banten berada di bawah koordinasi BPTD Wilayah VIII Provinsi Banten.

3. Jumlah 69 unit kapal yang disebutkan merupakan total kapal yang stand by di lintasan Merak-Bakauheni yang didominasi milik swasta. ASDP sendiri hanya memiliki 8 unit kapal yang beroperasi di lintasan tersibuk di Pulau Jawa ini. Di mana dalam kondisi normal dioperasikan sebanyak 29 unit kapal di Pelabuhan Merak. Adapun saat Angkutan Lebaran 2022 ini, dilakukan penambahan kapal yang beroperasi harian sebanyak 40 unit.

4. Adapun upaya penambahan kapal ini dilakukan untuk mengurai antrean yang terjadi di Pelabuhan Merak pada periode Mudik Angkutan Lebaran Tahun 2022.

(haf/haf)