PDIP Soroti Pemudik Berkaus 'Anies Presiden': Cerdas, tapi Tak Beretika

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 28 Apr 2022 20:42 WIB
Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono.
Gembong Warsono (Foto: dok. DPRD DKI Jakarta)
Jakarta -

PDIP mengomentari soal peserta mudik berkaus 'Anies Baswedan Presiden Indonesia'. PDIP menganggap tindakan itu cerdas, namun tidak memiliki etika.

"Itu cerdas namanya. Cerdas memanfaatkan situasi tetapi tidak beretika. Karena itu kan keberangkatan bus menggunakan APBD kemudian dimanfaatkan Pak Anies untuk memperkenalkan diri, itu namanya cerdas. Tetapi cerdas yang tidak beretika," kata Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono kepada wartawan, Kamis (28/4/2022).

Gembong menilai tidak elok apabila kaus itu dibagikan di tengah-tengah program yang dijalankan pemerintah daerah. Sebab, tidak semua peserta mudik pendukung Anies. Dia mengaku ragu tak ada sepeserpun kas daerah yang mengucur untuk pengadaan baju itu.

"Karena itu duit rakyat. Apakah seluruh rakyat Jakarta sepakat dengan apa yang dilakukan Pak Anies? kan belum tentu juga," jelasnya.

"Bisa saja kan, katakanlah tidak gunakan APBD, wong yang tahu cuma mereka, jangan-jangan itu duit BUMD. Kan kita nggak tahu juga," sambungnya.

Anggota Komisi A DPRD DKI itu juga mengkritisi TGUPP yang mengurusi persoalan Anies. Semestinya Anies-lah yang harus turun tangan menyelesaikan masalah ini.

"Ini kan mestinya Pak Anies dan TGUPP tidak punya hak mengklarifikasi ke publik. Dia bukan pejabat Pemprov, dia hanya tim-tim Pak Anies yang dibiayai APBD ketika sudah declare seperti itu kan jadi tanda tanya, jangan-jangan semua ini ulahmu? Kan gitu," ucapnya.

Sebelumnya, foto-foto peserta mudik gratis di Terminal Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur, memakai baju bertulisan 'Anies Baswedan Presiden Indonesia' beredar di media sosial. Adanya baju Anies Presiden Indonesia itu mendapat sorotan oleh PSI.

Salah satu yang mempertanyakan mengenai foto itu adalah Juru Bicara PSI Sigit Widodo. Dia mulanya mengunggah sebuah pemberitaan mengenai peserta mudik gratis memakai kaos putih bertuliskan 'Anies Baswedan Presiden Indonesia' di akun twitter pribadinya @sigitwid.

Simak juga video 'Saat Jokowi 'Mesra' dengan 3 Bakal Capres Terkuat':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.