Sebab Pintu Bagasi Garuda Terbuka Jelang Terbang Masih Tanda Tanya

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 28 Apr 2022 20:33 WIB
Pesawat Garuda Indonesia di Bandara International Lombok
Pesawat Garuda Indonesia (Dadan Kuswaraharja/detikcom)
Jakarta -

Pintu bagasi pesawat Garuda Indonesia sempat terbuka saat hendak lepas landas. Penyebab terbukanya pintu bagasi itu pun masih menyisakan tanda tanya saat ini.

Untuk diketahui, pintu bagasi terbuka itu ada pada penerbangan GA 309 rute Surabaya-Jakarta pada Rabu (27/4/2022), pukul 11.25 WIB. Berikut ini penjelasan Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra atas peristiwa tersebut.

Pintu Bagasi Terbuka saat Pesawat Hendak ke Area Landas

Dirut Garuda IndonesiaDirut Garuda Indonesia Irfan Setiaputra (Screenshoot 20detik)

Irfan mengatakan pihaknya tengah melakukan pemeriksaan lanjutan dari peristiwa itu. Pintu pesawat diketahui terbuka saat pesawat didorong mundur dari posisi parkirnya menuju area landasan.

"Garuda Indonesia saat ini tengah melakukan pemeriksaan lanjutan atas temuan kondisi pintu kompartemen kargo pada pesawat penerbangan GA 309 rute Surabaya-Jakarta yang diketahui belum sepenuhnya tertutup ketika pesawat akan didorong mundur dari posisi parkirnya (push back) menuju area landasan (taxiway) sebelum lepas landas di Bandara Internasional Juanda, Surabaya," kata Irfan kepada wartawan, Kamis (28/4/2022).

Garuda Pastikan Pesawat Telah Boarding Sesuai SOP

Irfan mengatakan saat itu pesawat telah melakukan prosedur boarding secara normal sesuai dengan prosedur operasional baku yang berlaku. Namun, ketika pesawat bersiap untuk push back, petugas avsec melihat terdapat pintu kompartemen kargo pesawat yang belum tertutup dengan sempurna.

"Kondisi tersebut juga terlihat oleh pilot melalui indikator di kokpit yang kembali menyala dan menunjukkan kompartemen pintu kargo yang belum tertutup rapat. Hal tersebut kemudian diteruskan kepada petugas ramp check dan ground handling untuk selanjutnya dilakukan penutupan pintu kompartemen kargo pesawat sesuai dengan prosedur yang berlaku," paparnya.

Lihat juga video 'Jokowi Minta Mendagri Ubah Stempel Kepala Desa Jadi Lambang Garuda':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman berikutnya.