ADVERTISEMENT

Kemenkumham Berangkatkan Pegawai & Keluarga Mudik ke Palembang-Surabaya

Dea Duta Aulia - detikNews
Kamis, 28 Apr 2022 19:35 WIB
Kemenkumham
Foto: Kemenkumham
Jakarta -

Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) mengadakan Mudik Bersama untuk para pegawai dan keluarga. Acara tersebut turut diikuti oleh 791 orang pemudik pegawai dan keluarga dari 11 unit utama di Kemenkumham.

Sekretaris Jenderal Kemenkumham Komjen Pol. Andap Budhi Revianto program Mudik Bareng ini dilaksanakan pada Kamis (28/4/2022) dengan menggunakan 20 armada. Program ini juga menghadirkan 8 rute perjalanan menuju lima kota tujuan.

Lebih rinci, sebanyak dua bus menuju Palembang, tiga bus arah ke Yogyakarta, enam bus menuju Surakarta, empat bus ke Semarang, dan lima bus tujuan Surabaya.

"Sesuai pesan Menteri Yasonna H. Laoly, peserta mudik harus menunjukkan sertifikat vaksin ketiga. Peserta yang baru dua kali vaksin, wajib menunjukkan hasil tes antigen COVID-19 dengan hasil non reaktif yang berlaku 1x24 jam," kata Andap dalam keterangan tertulis, Kamis (28/4/2022).

Ada yang mengangkat tema "Mudik Sehat dan Aman" turut menyediakan sejumlah fasilitas kesehatan seperti obat-obatan, masker, hand sanitizer, konsumsi, dan lainnya untuk para pemudik.

"Panitia juga telah memberikan layanan kesehatan kepada peserta berupa obat-obatan, masker, hand sanitizer, konsumsi, takjil, serta posko kesehatan di ruang tunggu mudik," ujarnya.

Untuk memastikan keamanan dan keselamatan, para pengemudi bus juga dilakukan sejumlah pengecekan seperti tes urin, surat kendaraan, pemeriksaan fisik armada, dan melakukan penyemprotan disinfektan.

Andap menuturkan selain membantu para pegawai untuk pulang ke kampung halaman, acara tersebut dilaksanakan bertujuan untuk turut berkontribusi pada pemulihan ekonomi nasional. Pasalnya, para pemudik berpotensi meningkatkan jumlah belanja atau konsumsi di kota-kota tujuan.

"Dengan kembalinya 791 peserta ke kampung halaman, ditambah dengan pegawai yang mudik menggunakan kendaraan pribadi, maka tingkat belanja atau konsumsi di kota-kota tujuan akan meningkat," katanya.

Melalui kegiatan ini, diharapkan menghadirkan semangat baru bagi para pegawai Kemenkumham untuk lebih produktif.

"Selamat merayakan Idul Fitri bersama keluarga. Tetap jaga kesehatan. Semoga dapat memberikan semangat baru bagi kita semua untuk semakin produktif dalam lingkungan kerja setelah liburan nanti," tutupnya.

(ega/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT