ADVERTISEMENT

Pemberlakuan Ganjil Genap di Jakarta Ditiadakan di Libur Lebaran, Cek Infonya

Lianna Leticia - detikNews
Kamis, 28 Apr 2022 16:46 WIB
Pemberlakuan ganjil genap di Jakarta akan berubah sementara waktu. Alasannya pihak kepolisian akan meniadakan aturan ganjil genap selama libur Lebaran 2022.
Pemberlakuan Ganjil Genap di Jakarta Ditiadakan Saat Libur Lebaran, Cek Infonya (Foto: Dok. detikcom)
Jakarta -

Pemberlakuan ganjil genap di Jakarta akan berubah untuk sementara waktu. Hal tersebut dikarenakan pihak kepolisian akan meniadakan aturan ganjil genap selama libur Lebaran 2022.

Aturan ganjil genap akan berlaku di sejumlah ruas jalan tol selama mudik Lebaran 2022. Berikut informasi selengkapnya.

Pemberlakuan Ganjil Genap di Jakarta Ditiadakan dari 29 April-8 Mei 2022

Melansir Instagram TMC Polda Metro Jaya, pemberlakuan ganjil genap di Jakarta akan ditiadakan selama tujuh hari, yakni mulai tanggal 29 April 2022 dan 1-6 Mei 2022. Informasi tersebut juga ditegaskan kembali oleh Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo.

"Gage tidak berlaku selama masa libur bersama Lebaran tanggal 29 April sampai dengan 8 Mei," tegasnya, Senin (25/4/2022).

Polisi juga meminta masyarakat untuk mengabaikan surat tilang jika terkena tilang elektronik ganjil-genap selama kurun waktu di atas. Penilangan ganjil-genap di Jakarta sendiri telah ditindak sebagian secara otomatis melalui kamera e-TLE.

"Khusus untuk program ganjil-genapnya kita akan hentikan. Kalau ada yang terkirim surat diabaikan aja, karena Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional ganjil-genap tidak diberlakukan," jelas Purnomo.

Sebelumnya, Kaishub DKI Jakarta Syafrin Liputo juga menyatakan ganjil genap di 13 ruas jalan Jakarta tidak diberlakukan selama libur Lebaran.

"Tidak diberlakukan, jadi mulai 29 itu kan libur nasional cuti bersama, 29, 30, dan seterusnya tidak diberlakukan ganjil genap," ucapnya, Senin (25/4/2022).

Pemberlakuan Ganjil Genap di Jakarta: Berlaku Lagi Tanggal 9 Mei 2022

Pemberlakuan ganjil-genap di Jakarta akan diterapkan kembali per 9 Mei nanti. Berikut daftar 13 ruas jalan yang biasanya diberlakukan sistem ganjil genap:

  1. Jalan MH Thamrin
  2. Jalan Jenderal Sudirman
  3. Jalan Sisingamangaraja
  4. Jalan Panglima Polim
  5. Jalan Fatmawai dari Simpang - Jalan Ketimun sampai Jalan TB Simatupang
  6. Jalan Tomang Raya
  7. Jalan Jenderal S Parman
  8. Jalan Gatot Subroto
  9. Jalan MT Haryono
  10. Jalan HR Rasuna Said
  11. Jalan DI Pandjaitan
  12. Jalan Jenderal A. Yani
  13. Jalan Gunung Sahari

Selain 13 ruas jalan di atas, sistem ganjil genap di tempat wisata juga ditiadakan selama libur Lebaran berlangsung.

Layanan Samsat DKI Jakarta Tidak Beroperasi Selama Libur Lebaran

Berdasarkan informasi dari Instagram Bapenda DKI Jakarta, layanan pembayaran pajak kendaraan (PKB) di kantor Samsat, Gerai Samsat, dan Samling juga tidak beroperasi selama libur Lebaran, yaitu dari tanggal 29 April 2022 hingga 8 Mei 2022. Pelayanan baru akan dibuka kembali pada 9 Mei 2022.

Humas Badan Pendapatan Daerah DKI Jakarta Herlina Ayu mengatakan bahwa masyarakat yang pajak kendaraannya jatuh tempo selama hari libur masih dapat membayar pajak via aplikasi Samsat Digital Nasional (SIGNAL).

"Namun pada saat jatuh tempo di hari libur pun WP (Wajib Pajak) bisa membayarkan PKB-nya via SIGNAL," demikian keterangan Herlina.

Herlina juga menambahkan pajak kendaraan yang jatuh tempo pada hari libur tidak akan dikenai denda jika dibayarkan pada hari kerja berikutnya. Hal tersebut sesuai dengan ketentuan berlaku.

"Kalau dari sisi perpajakan, dari kami apabila jatuh tempo di hari libur, pada saat pembayaran di hari kerja berikutnya sanksi akan otomatis terhapus ya," tambahnya.

Demikian informasi terkait pemberlakuan ganjil genap di Jakarta selama libur Lebaran 2022. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

(kny/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT