Penemu 'Pengubah' Air Jadi Bahan Bakar: TNI Memesan, tapi Tunggu Legalitas

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 28 Apr 2022 11:36 WIB
Nikuba, alat pengonversi air menjadi bahan bakar
Nikuba, alat pengkonversi air menjadi bahan bakar. (Ony Syahroni/detikJabar)
Cirebon -

Aryanto Misel (67), warga Lemahabang Wetan, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, menciptakan alat pengkonversi air (H2O) menjadi hidrogen (H2), yang bisa digunakan sebagai bahan bakar untuk kendaraan bermotor. Dia mengungkap banyak yang sudah memesan alat yang diberi nama Nikuba itu.

Dilansir detikJabar, Kamis (28/4/2022), Aryanto mengatakan alat buatannya telah dipasang di 30 unit di kendaraan motor dinas milik TNI dari Kodam III/Siliwangi dan 1 unit di kendaraan motor dinas milik TNI dari Koramil Lemahabang.

Saat ini, Aryanto bahkan mengaku alat buatannya itu sedang dipesan oleh Kodam III /Siliwangi dalam jumlah yang cukup besar, yakni 10 ribu unit.

"Kalau legalitasnya sudah keluar semua, ini sebenarnya pemesanannya sudah banyak. Dari Kodam III/Siliwangi kurang lebih 10 ribu unit," kata Aryanto kepada detikjabar di Cirebon, Rabu (27/4/2022).

Adapun cara kerjanya, menurut Aryanto, Nikuba buatannya memiliki fungsi memisahkan hidrogen (H2) dengan oksigen (O2) yang terkandung dalam air (H2O) melalui proses elektrolisis.

"Air yang dimasukkan ke dalam alat ini akan dielektrolisis. Air yang telah dimasukkan nantinya akan terpecah menjadi hidrogen (H2) dan oksigen (O2)," ujarnya.

Baca selengkapnya di sini.

Saksikan juga: "Kisah Pilot Viral, Tembus Daerah Konflik dan Tangis Haru di Ujung Karir"

[Gambas:Video 20detik]



(idh/fjp)