Senior PDIP: Jokowi Pemimpin Kuat, Jadi Lemah karena Pembantunya Tak Tulus

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 27 Apr 2022 23:20 WIB
Jakarta -

Senior PDIP Panda Nababan bicara soal kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) cukup kuat. Namun, menurut Panda, kuatnya kepemimpinan Jokowi menjadi lemah karena para pembantunya.

Hal itu diungkapkan Panda Nababan dalam acara Adu Perspektif yang ditayangkan detikcom berkolaborasi dengan Total Politik, Rabu (27/4/2022). Panda Nababan mengatakan kepemimpinan Jokowi kuat dalam konteks pernyataan Menko Mahfud Md yang bicara soal kepemimpinan di 2024.

"Jadi bagaimana kemudian, maksud akal saya, sekarang korupsi di mana-mana, kenapa kita cerita jauh-jauh 2024? Sekarang menurut pemahaman saya, Presiden (Jokowi) itu kuat, menjadi lemah karena pembantu-pembantunya ini. Terus terang saja," kata Panda Nababan.

Panda Nababan mempertanyakan apa lagi yang ingin dicari dari Jokowi, padahal keyakinan Panda kepemimpinan Jokowi saat ini sudah cukup kuat.

"Jadi Presiden (Jokowi) itu sebenarnya adalah pemimpin (kuat), mau dicari apa lagi? Sudah pemimpin kuat kok," ujar Panda.

Lantas pembawa acara bertanya ke Panda Nababan, kenapa pembantu Jokowi ini lemah? Panda menyinggung soal ketulusan dan keikhlasan para pembantu Jokowi.

"Tidak tulus ikhlas saja," ujarnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya: