25 Orang Diciduk Usai Pesta Berkedok SOTR di Muara Angke, 4 Positif Narkoba

Wildan Noviansah - detikNews
Rabu, 27 Apr 2022 21:55 WIB
Konvoi berkedok SOTR di Muara Angke, Jakut
Konvoi berkedok SOTR di Muara Angke, Jakut (Tangkapan layar video/dok. Istimewa)
Jakarta -

Polisi menangkap 25 orang terkait konvoi pesta berkedok sahur on the road (SOTR) di Muara Angke, Jakarta Utara. Empat orang di antaranya positif narkoba.

"Yang kita bawa kurang-lebih 25 orang, aktor-aktor yang punya inisiasi kegiatan tersebut, termasuk penanggung jawab acara. Semua itu kita tes urine oleh Satres Narkoba Polres Pelabuhan Tanjung Priok, empat orang positif," kata Kapolsek Kawasan Sunda Kelapa Kompol Seto Handoko Putra saat dihubungi detikcom, Rabu (27/4/2022).

Seto mengatakan awalnya pihak kepolisian mengamankan mereka karena kedapatan melakukan SOTR pada Selasa (26/4) dini hari. Seto mengatakan kegiatan SOTR dengan konvoi ratusan motor itu digelar tanpa izin dan pemberitahuan ke Polsek Sunda Kelapa.

Diketahui mereka konvoi SOTR dari mulai Muara Angke menuju Waduk Penjaringan, Jakarta Utara, hingga mengarah ke Jakarta Barat. Kegiatan tersebut viral di media sosial.

Polisi turun tangan menyelidiki kejadian itu. Hingga pada Rabu (27/4), sekitar pukul 06.00 WIB, ada 25 orang yang ditangkap polisi.

"(SOTR) Itu tidak berizin, tidak minta izin. Mereka berkumpul di satu sekolah di daerah Muara Angke, tiba-tiba jalan tanpa sepengetahuan pihak kepolisian, karang taruna dan lain-lain, mereka jalan dan viral," ujarnya.

Setelah ditangkap, empat orang berinisial AY (24), FM (21), N (26), dan E (32) positif menggunakan narkoba jenis sabu dan ganja.

Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, diketahui mereka mengkonsumsi ganja sebelum melakukan SOTR.

"Make narkobanya ketika mereka mau berangkat mereka pakai narkoba dulu. Ada yang sehari sebelumnya pakai juga," kata Seto.

Seto menambahkan, saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan lebih mendalam dalam kasus ini. Termasuk mengungkap alasan penggunaan dan juga asal narkoba tersebut. Saat ini keempatnya sudah diamankan di Polres Pelabuhan Tanjung Priok.

Baca di halaman berikutnya: pesta di atas mobil pikap berkedok SOTR viral di media sosial.