ADVERTISEMENT

Antisipasi Lonjakan Pemudik di Kalimalang, Polisi Siapkan Jalur Arteri

Wildan Noviansah - detikNews
Rabu, 27 Apr 2022 17:59 WIB
Jalur Pantura di kawasan Cirebon mulai ramai pemudik motor lima hari menjelang Hari Raya Idul Fitri. Berbagai barang ikut dibawa para pemudik di atas motor.
Ilustrasi pemudik (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)
Jakarta -

Polres Metro Jakarta Timur menyiapkan beberapa jalur arteri di sekitar Kalimalang, Jakarta Timur. Ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya lonjakan jumlah pemudik di puncak arus mudik nanti.

Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Timur AKBP Edy Surasa mengatakan ada beberapa jalan arteri yang sudah disiapkan, di antaranya Jalan Pangkalan Jati, Jalan Raden Inten, hingga Jalan H Naman.

"Ya kita persiapkan jalur arteri tadi, mulai Pangkalan Jati, Jalan Raden Inten, kemudian H Naman sudah. Pokoknya mulai dari Bekasi sampai Jakarta Timur, arteri-arteri disiapkan," kata Edy saat dihubungi, Rabu (27/4/2022).

Edy memastikan nantinya akan ada petugas gabungan yang berjaga di pos pengamanan. Petugas tersebut bakal disebar di tiga jalur arteri tersebut.

"Dari kesehatan, TNI, Polri, Perhubungan, Pol PP juga lengkap. Kita maksimal betul, jadi kalau ada kepadatan di situ kita sudah ada sinergisitas dengan Bekasi juga. Perbatasan dengan Jaktim yang ada di H Naman. Seluruh personel dilibatkan, kita maksimal betul di situ," ujarnya.

Sementara itu, Edy mengatakan hingga kini belum terlihat adanya pelonjakan jumlah pemudik di Kalimalang. Namun dia mengkonfirmasi adanya kenaikan volume kendaraan hingga 15 persen.

"Memang sudah mulai ada tanda-tanda, namun belum drastis, belum ada pelonjakan, ada sedikit peningkatan saja. Kalau dihitung hitung sekitar 15 persen," jelasnya.

Edy menyampaikan, meski besok masuk ke dalam puncak mudik, tidak akan terjadi pelonjakan. Paling besar akan ada peningkatan volume kendaraan hingga 20 persen pada 29 dan 30 April nanti.

"(Peningkatan volume kendaraan malam ini) mungkin dari 15-20 persen," kata Edy.

"Iya, 29 dan 30 April (puncaknya), saya yakin nanti malam Sabtu, malam Minggu menjadi puncak. Kan cuti kalau nggak salah tanggal 29 (April). Kita memantau membantu kelancaran nya, kita memastikan arus lalin lancar," pungkasnya.

(maa/maa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT