Viral Rentenir di Sulsel Larang Jenazah Dimakamkan karena Utang

ADVERTISEMENT

Viral Rentenir di Sulsel Larang Jenazah Dimakamkan karena Utang

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 27 Apr 2022 17:48 WIB
Rumah jenazah yang ditolak rentenir dimakamkan karena masih memiliki utang Rp 2 juta. (detikSulsel/Muh Ishak Agus)
Rumah jenazah yang ditolak rentenir dimakamkan karena masih memiliki utang Rp 2 juta. (Muh Ishak Agus/detikSulsel)
Makassar -

Aksi Daeng Embong, wanita rentenir, mendatangi rumah warga yang meninggal di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan (Sulsel), viral di media sosial. Dia menolak keras jenazah dikebumikan karena belum melunasi utang.

Dilansir detikSulsel, dalam video yang beredar, wanita rentenir itu sedang berada di rumah almarhum Rusli Daeng Sutte (40) di Desa Bontoloe, Kecamatan Galesong, Takalar. Keluarga almarhum menyesalkan karena cara rentenir itu menagih utang dianggap membuat malu nama baik almarhum dan keluarga.

Apalagi Daeng Embong sebenarnya masih memiliki hubungan keluarga, yakni sepupu satu kali dengan almarhum. Uang pinjaman Rp 2 juta itu harusnya bisa dibicarakan baik-baik tanpa harus mencegat jenazah dimandikan dan dikebumikan.

Keluarga almarhum lantas memberikan uang pinjaman Rp 2 juta yang ditagih oleh Daeng Embong tersebut. Namun pihak keluarga tampak tetap belum bisa menerima cara sang rentenir menagih utang.

Istri almarhum Rusli, Rabainnah Daeng Sunggu (46), mengatakan suaminya memang pernah meminjam Rp 500 ribu kepada Daeng Embong. Uang Rp 500 ribu itu dipinjam sekitar 4 tahun lalu dan memiliki bunga Rp 1,5 juta sehingga almarhum harus melunasi Rp 2 juta.

"Saya pinjam uangnya Rp 500 ribu, tapi kembali Rp 2 juta. Jadi biar mi (saya tidak mempermasalahkan bunga pinjaman) karena lama mi tawwa (uang sudah lama tak dilunasi)," kata Rabainnah saat ditemui detikSulsel, Rabu (27/4/2022).


Baca selengkapnya di sini.

Simak juga Video: KuTips: Cara Jitu Bebas dari Rentenir Pinjol Ilegal

[Gambas:Video 20detik]



(idh/tor)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT