Pupuk Indonesia Grup Fasilitasi 20 Bus untuk Mudik Sehat Bersama BUMN

Atta Kharisma - detikNews
Rabu, 27 Apr 2022 16:51 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan program Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022 sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo. Masyarakat diperbolehkan untuk kembali mudik lebaran dengan syarat-syarat tertentu. Erick menyebut program ini merupakan bentuk mudik yang aman, bertanggung jawab, dan sehat.
Foto: dok. BUMN
Jakarta -

PT Pupuk Indonesia (Persero) menyediakan 20 bus yang akan dimanfaatkan dalam program Mudik Sehat Bersama BUMN tahun 2022. Bus-bus yang akan diberangkatkan tersebut merupakan hasil kolaborasi Pupuk Indonesia bersama beberapa anak perusahaan.

Dua puluh bus yang disediakan Pupuk Indonesia tersebut berasal dari PT Petrokimia Gresik sebanyak 5 unit, PT Pupuk Kujang sebanyak 2 unit, PT Pupuk Kalimantan Timur sebanyak 5 unit, PT Pupuk Iskandar Muda sebanyak 1 unit, PT Pupuk Sriwidjaja Palembang sebanyak 4 unit, dan Pupuk Indonesia selaku holding sebanyak 3 unit.

Direktur Utama Pupuk Indonesia Bakir Pasaman mengatakan sebanyak 20 unit bus itu akan diberangkatkan pada 27-29 April 2022. Untuk keberangkatan pertama hari ini dilakukan secara terpusat di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Selatan.

"Penugasan 20 unit bus tersebut akan dilaksanakan secara bersama antara Pupuk Indonesia beserta anak perusahaan," ujar Bakir dalam keterangan tertulis, Rabu (27/4/2022).

Program Mudik Sehat Bersama BUMN 2022 dilepas langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Turut hadir beberapa pejabat Kementerian BUMN seperti Deputi SDM, Teknologi dan Informasi Tedi Bharata, Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga, dan beberapa direktur utama BUMN yang terlibat dalam kegiatan mudik.

Program Mudik Sehat Bersama BUMN 2022 dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum dengan catatan memenuhi kriteria dan ketentuan yang berlaku. Adapun syarat atau kriteria yang harus dipenuhi antara lain sudah mendapatkan vaksin COVID-19 secara lengkap, termasuk booster.

Selain itu, calon peserta juga harus menyertakan kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK), serta dalam kondisi sehat dan fit. Satu orang pendaftar diperbolehkan mengajak maksimal empat orang dewasa (3 tahun ke atas). Pendaftar dan calon peserta juga wajib memiliki hubungan keluarga yang dibuktikan dengan KK, surat nikah, atau akta lahir, dan satu orang pendaftar hanya boleh terdaftar 1 kali.

"Kegiatan yang kami lakukan ini merupakan salah satu program kepedulian perusahaan yang digagas oleh Kementerian BUMN. Kami berharap adanya kegiatan Mudik Sehat Bersama BUMN 2022 dapat membantu masyarakat yang ingin mudik ke kampung halamannya, sehingga dapat merayakan hari raya Idul Fitri bersama keluarga besar," terang Bakir.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan program Mudik Sehat Bersama BUMN tahun 2022 ini merupakan komitmen dari pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Pada tahun 2022, Kementerian BUMN akan melaksanakan program Mudik Sehat Bersama BUMN 2022 dengan jumlah armada bus sebanyak 509 unit dan 24 kereta api. Pemberangkatan mudik gratis dimulai sejak 27 April 2022.

"Ini bagian dari komitmen kita untuk memastikan pelayanan maksimal, ini mengantisipasi ekonomi masyarakat yang menurun karena pandemic COVID-19 selama dua tahun terakhir," ungkap Erick.

(akn/ega)