Live! Adu Perspektif: Membaca Politik Indonesia Lewat Mahfud MD

detikTV - detikNews
Rabu, 27 Apr 2022 16:00 WIB
Jakarta -

Sejumlah isu kontroversial muncul, seperti wacana penundaan pemilu, rumor islamofobia di tahun politik, tarik ulur pemekaran di Papua, hingga pertarungan menteri pada 2024. Realitas politik terkini tentu tidak lepas dari pengamatan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md.

Peran Mahfud menjadi buruan media. Sebagai pemegang peta politik terkini, ada banyak topik menarik yang muncul dari mulutnya. Dalam dialog Adu Perspektif yang disiarkan detikcom berkolaborasi dengan Total Politik, Rabu (20/4) lalu, ia mengaku risau atas polarisasi ideologis dalam insiden Ade Armando. Menurutnya, kejadian ini adalah ekses pertarungan ideologi berlanjut hingga 2024.

"Saya agak risau pribadi ya, itu siapa yang bisa menyelesaikan ini, karena masalah ideologis. Polarisasi yang tajam, masalah ideologis ini perlu orang kuat yang bisa diterima dua-duanya, punya wawasan yang bisa menyatukan," ujar Mahfud Md.

Dalam pandangan situasi negeri ini, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu juga menyoroti situasi politik dan hukum yang dinilai sudah mengerikan. hal itu terlihat dari korupsi yang tidak terkendali hingga lemahnya aparat penegak hukum di mata parlemen, birokrat, hingga pengusaha.

"Ini memang kemudian saya berpikir kayaknya perlu terobosan. Kalau teori klasik kalau negara begitu, kalau di Amerika Latin muncul kudeta. Memang itu ada teorinya dulu, teori Plato, kalau demokrasi sudah menjadi anarki, maka harus muncul apa yang disebut strong leader, pemimpin yang kuat. Pokoknya babat saja semua dulu daripada negara yang hancur," paparnya

Memasuki tahun politik, wacana maju Pilpres 2024 juga menjadi sorotan dari Mahfud Md. Rumor ada empat menteri yang siap menyatakan maju dalam arena pertarungan terdengar sampai ke telinganya. Selain itu, bahasan pemekaran Papua oleh Majelis Rakyat Papua dan Majelis Rakyat Papua Barat yang tengah menghangat menjadi topik yang apik untuk dibahas.

Malam ini, Adu Perspektif akan membahas tema 'Membaca Politik Indonesia Lewat Mahfud Md'. Menghadirkan politikus senior PDIP Panda Nababan, pakar komunikasi politik Effendi Ghazali, Ketua Majelis Rakyat Papua Timotius Murib, dan ekonom senior Rizal Ramli. Saksikan Adu Perspektif yang disiarkan secara langsung Rabu, 27 April 2022, pukul 20.00 WIB

(ed/ids)