ADVERTISEMENT

Pencuri Pakai Duit Ibu Pedagang Sayur di Jakpus buat Beli Narkoba

Anggi Muliawati - detikNews
Rabu, 27 Apr 2022 15:54 WIB
Garis polisi, police line. Rachman Haryanto /ilustrasi/detikfoto
Ilustrasi (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta -

Pelaku penjambretan tas Sularmi (60), pedagang sayur di Tanah Abang, Jakarta Pusat (Jakpus), ditangkap polisi. Dari hasil pemeriksaan, motif pelaku menjambret untuk membeli narkoba.

"Hasil interogasi kita menanyakan, kita mengetahui motif untuk membeli narkoba jenis sabu, kita pastikan kita lalukan cek urine positif methamphetamine," kata Kapolsek Metro Tanah Abang, Kompol Haris Kurniawan, di Polres Metro Jakpus, Rabu (27/4/2022).

Haris mengatakan pelaku berinisial CB (23) ini telah mengonsumsi narkoba kurang lebih sekitar 2 tahun. Dia menyebut CB biasa membeli paket murah.

"Kalau harga yang disampaikan paket murah, sekitar Rp 200-300 ribu," katanya.

Lebih lanjut, Haris mengatakan kejadian itu tidak terencana. Dia menyebut CB melakukan penjambretan secara random.

"Kalau ini dia random, dia liat mungkin pelapor sudah tua, mungkin rentan dan potensi bagi dia korban ini dianggap lemah, sehingga dia berniat melakukan di TKP itu," katanya.

Selain mengamankan pelaku, polisi membawa sejumlah barang bukti berupa satu unit HP beserta kardusnya, satu unit sepeda motor, pakaian pelaku, dan rekaman CCTV. Haris mengatakan pelaku sempat menjual barang bukti, namun polisi berhasil mendapatkannya kembali.

"Jadi barang buktinya itu sudah berhasil dijual, dan kita berhasil juga dapat HP ibu sayur," kata Haris.

Akibat perbuatannya yang telah menjambret tas korban, CB disangkakan Pasal 362 dengan ancaman pidana maksimal 7 tahun.

Sebelumnya diberitakan, aksi pencurian itu terekam kamera CCTV. Modus penjambretan itu berpura-pura membeli dagangan.

Peristiwa itu terjadi di Jl Danau Gelinggang, Bendungan Hilir, Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Senin (18/4), sekitar pukul 09.30 WIB. Di dalam tas tersebut, terdapat uang Rp 500 ribu dan buku catatan utang.

Kemudian, pada Sabtu (23/4), sekitar pukul 03.30 WIB, di rumah mertuanya di Jl Tomang Tinggi VI, Tomang, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, pelaku berhasil ditangkap.

"Kami amankan satu orang pelaku berinisial CB (23) seorang buruh harian warga Jl Jati Bunder RT 02 RW 15 Tanah Abang, Jakpus," kata Kanit Reskrim Polsek Metro Tanah Abang, AKP Fiernando Ardiansyah, Senin (25/4).

(isa/isa)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT