Bareskrim-Bea Cukai Perkuat Kerja Sama, Kawal Larangan Ekspor Minyak Goreng

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Rabu, 27 Apr 2022 13:36 WIB
Jakarta -

Bareskrim Polri dan Ditjen Bea Cukai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memperkuat kerja sama pencegahan kejahatan transnasional. Kerja sama Bareskrim dan Ditjen Bea Cukai kali ini termasuk mencegah ekspor minyak goreng sebagaimana kebijakan pemerintah.

"Ini adalah bukti komitmen kita untuk terus menjalin sinergitas antara Polri dengan Kemenkeu, dalam rangka untuk mengatasi berbagai kejahatan transnasional maupun kejahatan-kejahatan ekonomi yang terjadi, karena tidak akan mungkin akan masuk wilayah Indonesia kalau tidak melalui wilayah di pesisir," kata Kabareskrim Komjen Agus Andrianto di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Rabu (27/4/2022).

"Tentunya, ini adalah merupakan komitmen kami semua untuk mengamankan wilayah dari kejahatan transnasional maupun kejahatan ekonomi yang terjadi," imbuhnya.

Penguatan kerja sama Bareskrim dan Ditjen Bea Cukai ditandai dengan penandatangan MoU. Kabareskrim menuturkan penguatan kerja sama dengan Ditjen Bea Cukai ini dilakukan agar larangan ekspor minyak goreng dipatuhi oleh semua pihak.

"Utamanya akhir-akhir ini dengan kelangkaan minyak. Keputusan pemerintah juga sudah jelas. Yang diekspor hanya CPO (crude palm oil). Nanti juga akan bisa kita tingkatkan lagi kegiatan kita untuk mengamankan. Jangan sampai ada problem turunan daripada CPO ini bisa keluar dari wilayah Indonesia," ucapnya.

Senada, Dirjen Bea Cukai Kemenkeu Askolani mengatakan kerja sama dengan Bareskrim Polri dijalin untuk menjaga ketahanan Indonesia. Menurutnya, kerja sama ini diperlukan untuk penguatan sinergitas antara kedua lembaga dalam jangka panjang.

"Kami sampaikan bahwa di sini menunjukkan komitmen kami bersama sebagai instansi pemerintah, kita sinergi, solid, dengan dukungan daripada keuangan negara kita. Kami bersatu-padu dalam kerangka infrastruktur SDM dan juga kegiatan-kegiatan di kalangan untuk bisa tugas, untuk menjaga daripada Republik Indonesia," katanya

"Untuk mempayungi itu, alhamdulillah tadi kami dengan Bapak Kabareskrim telah menandatangani perjanjian kerja sama untuk bisa memperkuat sinergi yang sudah kami lakukan selama ini. Tentunya sangat penting untuk menjadi bekal, untuk penguatan jangka menengah dan jangka panjang," tambahnya.

(azh/zak)