Cek Pasar Karanganyar, Puan Maharani: Ternyata Harga Minyak Masih Mahal

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 27 Apr 2022 14:09 WIB
Puan Maharani di Karanganyar, Rabu (27/4/2022).
Puan Maharani saat di Karanganyar. (Bayu Ardi Isnanto/detikJateng)
Jakarta -

Ketua DPR RI Puan Maharani blusukan mengecek harga pangan ke pasar Jungke Karanganyar, Jawa Tengah. Puan menyoroti harga minyak goreng yang ternyata masih mahal.

"Di pasar, tadi cek harga minyak, ternyata harga minyak masih mahal tapi barangnya ada," kata Puan seperti dilansir detikJateng, Rabu (27/4/2022).

Berdasarkan pantauan detikJateng hari ini, harga minyak goreng curah di Pasar Jungke berada di kisaran Rp 17 ribu dan harga minyak goreng kemasan berkisar Rp 23-25 ribu. Tak hanya minyak goreng, Puan juga menyoroti sejumlah bahan pokok, seperti daging, yang harganya juga naik menjelang Lebaran.

"Karena kan biasanya menjelang hari raya, kebutuhan akan daging dan ayam itu meningkat. Menurut mbak-mbak dan ibu-ibu penjual, relatif harga naik Rp 10 ribu tapi pembeli tetap ada, namun memang tidak terlalu banyak," katanya.

Puan lantas menduga kenaikan harga ini disebabkan naiknya PPN. Dia juga sempat menemukan naiknya harga kopi dan teh.

"Kemudian, terkait dengan harga teh kemasan, yang merupakan produk di Karanganyar, ternyata ada kenaikan, karena katanya ada kenaikan pajak. Saya mau cek apakah seperti itu, karena kalau memang ada kenaikan Rp 3-5 ribu untuk teh dan kopi, itu ya cukup tinggi," ujarnya.

Simak pernyataan Puan selengkapnya di sini.

Simak juga '14 Ribu Masyarakat Teken Petisi Bongkar Kartel Minyak Goreng':

[Gambas:Video 20detik]



(maa/idh)