Imbauan Walkot Jaksel Cegah Kebakaran Saat Rumah Ditinggal Mudik

ADVERTISEMENT

Imbauan Walkot Jaksel Cegah Kebakaran Saat Rumah Ditinggal Mudik

Karin Nur Secha - detikNews
Rabu, 27 Apr 2022 12:00 WIB
Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin
Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin (Karin Nur Secha/detikcom)
Jakarta -

Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin memberi wanti-wanti bagi warganya yang akan meninggalkan rumahnya ke kampung halaman saat libur Lebaran. Munjirin mensosialisasikan upaya pencegahan kebakaran rumah saat ditinggal mudik.

Diketahui, beberapa waktu terakhir sering terjadi kebakaran melanda wilayah Jakarta Selatan. Sementara itu, saat ini warga Jakarta berbondong-bondong meninggalkan rumahnya untuk melakukan mudik.

Oleh karena itu, Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin mengimbau warganya yang hendak mudik proaktif kepada tetangga sekitar. Ini dilakukan karena saat mudik banyak warga yang meninggalkan rumahnya dalam keadaan kosong tak berpenghuni.

"Dalam melakukan mudik itu saya ingatkan ke yang bersangkutan agar proaktif berhubungan dengan tetangga kanan-kiri yang tidak mudik ataupun pengurus RT agar yang bersangkutan memasrahkan rumahnya itu untuk dikontrol oleh tetangganya," ujar Munjirin kepada wartawan, Rabu (27/4/2022).

Dia juga mengimbau warga yang hendak mudik mengontrol arus listrik yang ada di rumahnya. Termasuk mencabut stop kontak listrik yang tidak terpakai.

"Kemudian kalau udah dititip ke tetangga, kuncinya itu kan bisa dikontrol setiap hari baik matiin lampu atau hidupin lampu," jelasnya.

"Ini semuanya tanggung jawab dari kita semua dan saya mohon proaktif bagi warga yang mau melakukan perjalanan pulang kampung," sambung dia.


Rumah Terbakar di Jaksel

Sebelumnya sebuah rumah di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, mengalami kebakaran. Sepuluh unit mobil damkar dikerahkan.

"Betul, 10 unit," ujar petugas call center Damkar DKI Jakarta, Selasa (26/4/2022) pukul 10.07 WIB.

Kebakaran itu melanda rumah tinggal di Jalan Peninggaran Barat III, RT 08 RW 11, Kelurahan Kebayoran Lama Utara, Kecamatan Kebayoran Lama. BPBD DKI Jakarta dalam akun Twitter @BPBDJakarta melaporkan kebakaran itu pada pukul 09.36 WIB.

Catat! Ini 7 Nomor Telepon Penting yang Harus Disimpan Saat Mudik:

[Gambas:Video 20detik]



(ain/yld)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT