ADVERTISEMENT

Simak! Tips Aman Tinggalkan Rumah Selama Mudik ala Polda Metro

Wildan Noviansah - detikNews
Rabu, 27 Apr 2022 11:08 WIB
Polisi Tangkap 2 Penjambret yang Diunggah Dokter Tirta di Instagram
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Zulpan (Foto: dok. 20detik)
Jakarta -

Puncak arus mudik Lebaran 2022 diperkirakan akan terjadi pada 28-30 April 2022. Untuk memastikan mudik aman dan nyaman, pihak kepolisian memberikan beberapa tips.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan masyarakat yang akan mudik harus memastikan rumah dalam kondisi aman saat ditinggal mudik. Salah satunya jangan lupa mematikan kompor dan peralatan elektronik untuk menghindari kebakaran.

"Saya mengimbau kepada masyarakat yang mudik tentunya harus meyakini rumah yang ditinggalkan dalam keadaan aman, baik itu kompor, gas, jangan ada yang menyala. Kemudian listrik dimatikan, untuk menghindari terjadinya kebakaran," kata Zulpan saat dihubungi, Rabu (27/4/2022).

Selain itu, Zulpan mengimbau masyarakat menitipkan kendaraan pribadinya ke pihak kepolisian. Warga bisa menitipkan kendaraan ke polsek terdekat tempat mereka tinggal.

"Bagi masyarakat juga yang mudik dengan menggunakan moda transportasi darat, laut, udara kemudian meninggalkan barang-barang pentingnya, seperti kendaraan itu, bisa menitipkan di kantor kepolisian terdekat di polsek. Polsek sekarang sudah melayani itu, misalnya kalau tinggal di daerah mana, Tanjung Duren misalnya ke Tanjung Duren," ujarnya.

Kata Zulpan, ini dilakukan untuk memastikan keamanan kendaraan saat ditinggal mudik. Zulpan mengatakan jangan sampai nantinya terjadi apa-apa ketika pemilik mudik.

"Nanti kan jangan sampai ditinggal rumah kosong nanti ada apa-apa. Kecuali kalau ada saudara yang nunggu rumah itu, kalau rumahnya tidak ada yang nunggu, kita melayani penitipan kendaraan bermotor demi keamanan," tuturnya.

Lebih lanjut, Zulpan mengatakan pihaknya akan terus melaksanakan patroli untuk mencegah kriminalitas di Ibu Kota selama mudik Lebaran. Rumah-rumah warga yang ditinggal mudik menjadi salah satu sasaran patroli polisi.

Catat! Ini 7 Nomor Telepon Penting yang Harus Disimpan Saat Mudik:

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT