Viral Pemotor-Petugas di Pelabuhan Gilimanuk Cekcok Gegara Tes Antigen

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 27 Apr 2022 08:28 WIB
Adu mulut antara petugas validasi dengan pemudik, di pelabuhan Gilimanuk, Senin (25/4/2022)
Pemotor cekcok dengan petugas validasi di Pelabuhan Gilimanuk. (I Ketut Suardika/detikBali)
Jakarta -

Video pengemudi motor terlibat cekcok dengan seorang petugas validasi di Pelabuhan Gilimanuk, Bali, viral di media sosial (medsos). Apa penyebab cekcok keduanya?

Dalam video yang viral seperti dilihat lansir detikBali, Rabu (27/4/2022), terlihat pemotor emosi karena diminta berputar balik oleh petugas validasi. Dia, yang berboncengan dengan satu orang lainnya, diminta berutar balik karena memasuki area pelabuhan tanpa membawa surat hasil tes rapid antigen yang menyatakan negatif COVID-19.

Sementara itu, pemotor tersebut merasa yakin bisa menyeberang ke Pulau Jawa karena sudah menjalani 2 kali vaksinasi Corona. Cekcok antara pemotor yang tak terima diputar balik dan petugas validasi pun terjadi.

Singkat cerita, pemotor dan rekannya itu menjalani tes rapid antigen yang hasilnya menyatakan negatif COVID-19. Berdasarkan aturan Satuan Tugas COVID-19 terbaru, hanya masyarakat yang sudah menjalani vaksinasi ketiga (booster) yang dibebaskan dari kewajiban tes COVID-19.

Koordinator KKP Gilimanuk Yetty mengatakan petugas validasi hanya menjalankan tugas sesuai dengan aturan dalam SE Satgas Pengamanan COVID-19. Sebab, merujuk aturan Satuan Tugas COVID-19 terbaru, hanya masyarakat yang sudah menjalani vaksinasi booster yang dibebaskan dari kewajiban tes COVID-19.

"Kami sudah sudah menjelaskan aturan, tapi pemudiknya agak bengkung (bandel, red)," kata Yetty saat dimintai konfirmasi.

Simak berita selengkapnya di sini.

Lihat video 'Pemudik-Petugas Adu Mulut di Pelabuhan Gilimanuk soal Aturan Wajib Rapid Test':

[Gambas:Video 20detik]



(zak/lir)