Airlangga Beri Kuliah Umum ke Mahasiswa Trisakti, Jelaskan soal Prakerja

Erika Dyah Fitriani - detikNews
Selasa, 26 Apr 2022 20:32 WIB
Airlangga Hartarto
Foto: dok. Erika Dyah Fitriani/detikcom
Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berkunjung ke Universitas Trisakti di Grogol, Jakarta Barat. Ia memberikan kuliah umum terkait kondisi perekonomian Indonesia, Kartu Prakerja, hingga menyerahkan bantuan untuk keluarga pejuang reformasi.

Airlangga menjelaskan dengan Kartu Prakerja masyarakat bisa mendapatkan wadah untuk mencari kerja dan mengembangkan karier. Bagi mahasiswa, lanjut Airlangga, pemerintah juga telah mendorong adanya Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk membantu mahasiswa mendapatkan akses pembiayaan.

"Dari Kemenperin kita pernah membangun di beberapa kampus adanya co-working space untuk digital. Di dalam ruang itu, disediakan komputer kemudian meja-meja. Silakan mahasiswa berkelompok membentuk grup dan menuangkan ide," ungkap Airlangga dalam Kuliah Umum dan Penyerahan Tali Kasih untuk Keluarga Pejuang Reformasi di Jakarta, Selasa (26/4/2022).

Ia menambahkan mahasiswa juga akan diberikan pelatihan dengan adanya fasilitas Kartu Prakerja tersebut.

"Saya yakin dalam setahun pasti bisa menghasilkan sebuah karya inovasi. Saya minta Menperin juga menyiapkan (untuk di Trisakti)," harapnya.

Menurut Airlangga, Universitas Trisakti memiliki banyak gedung kampus sehingga, tak akan sulit untuk mencari ruang untuk membangun fasilitas ini. Nantinya, pemerintah dapat menyiapkan sarana pendukung serta pelatihan untuk para mahasiswa agar dapat mengembangkan program tertentu. Aplikasi dari program ini nantinya bisa memperoleh bantuan modal dari Kredit Usaha Rakyat.

"Pernah di Universitas Telkom anak tahun kedua membuat aplikasi yang dijual di Android maupun iOS, bisa mendapatkan pendapatan dan beasiswa kepada teman-temannya. Ini sebuah entrepreneurship yang luar biasa," ungkapnya.

Untuk itu, ia pun mendorong mahasiswa Universitas Trisakti agar dapat melakukan hal yang sama. Ia juga mendukung mahasiswa untuk tidak bercita-cita setinggi-tingginya dan tak takut jika terjatuh dalam menggapai cita-citanya.

Selain memberi pesan kepada para mahasiswa, di kesempatan ini Airlangga juga menyerahkan bantuan tali kasih untuk keluarga 4 pejuang reformasi dari Trisakti. Adapun keluarga yang dimaksud terdiri dari Sahril (orang tua alm. Heri Hartanto), Karsiah (orang tua alm. Hendriawan Sie), Enus Yunus (orang tua alm. Hafidhin Royan), serta Iwang (orang tua alm. Elang Mulya Lesmana).

Diketahui, bantuan tali kasih yang diberikan orang Kementerian Koordinator Bidang Koordinator ini total mencapai Rp 3 miliar dengan masing-masing keluarga penerima mendapatkan Rp 750 juta.

Sebagai informasi, kegiatan kuliah umum turut dihadiri oleh Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, beberapa pejabat terkait serta pihak pejabat Universitas Trisakti.

Simak juga video 'Rp 71,2 M Dana Sudah Mengalir Buat 29 Ribu Penerima Prakerja di Pulau Nias':

[Gambas:Video 20detik]



(prf/ega)