PUPR Sarankan Pemudik Lewati Jalur Pansela: Instagramable, Gratis

Wildan Noviansah - detikNews
Selasa, 26 Apr 2022 19:36 WIB
Jakarta -

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mochamad Basuki Hadimuljono menyarankan agar pemudik tak melulu melewati jalur Pantai Utara (Pantura) Jawa saat mudik. Dia menyarankan agar pemudik juga lewati jalur pantai selatan (pansela).

"Tentang alternatif jalan, baik pantura atau pansela, pantai selatan Jawa," kata Basoeki di Km 57 tol Cikampek, Selasa (26/4/2022).

Nantinya masyarakat dari berbagai daerah, dari Subang, Garut, hingga Pacitan bisa melewati jalur Pansela.

Basoeki mengatakan masyarakat perlu juga memperhatikan jalur Pansela. Sebab kata dia, jalurnya dipenuhi wisata kuliner dan cocok untuk berswafoto.

Kenalkan Ini Pansela, Saingan PanturaKenalkan Ini Pansela, Saingan Pantura (Zaki Alfarabi/detikcom)

"Masyarakat dari Subang, Garut, bisa langsung ke Sukabumi, Pangandaran, Cilacap, Kebumen, Gunungkidul, Pacitan, 1.292 km kondisinya bagus, Instagrambale, kulinerable di sana tempatnya," kata dia.

"Jangan lupa ada Pansela. Itu dari selatan nggak perlu lewat pantura, lewat Pansela. Gratis," imbuhnya.

Imbauan Kapolri

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkap sejumlah strategi pihak kepolisian dalam mengurai kemacetan mudik Lebaran 2022 di jalan tol. Salah satunya, jalur pantura dan selatan Pulau Jawa yang kondisinya baik dan siap digunakan para pemudik.

"Pemerintah dalam ini polisi dan seluruh stakeholder akan menerapkan berbagai strategi mulai dari untuk mengatur atau merekayasa dalam bentuk one way, pemasangan contraflow," kata Jenderal Listyo Sigit Prabowo di lapangan Monas, Jumat (22/4).

"Juga mempersiapkan jalur-jalur alternatif yang tentunya dapat digunakan untuk jadi pilihan mudik, jalur alternatif yaitu jalur pantura dan jalur selatan yang sekarang dalam keadaan baik dan siap untuk digunakan sebagai pilihan alternatif jalur mudik," lanjutnya.

(jbr/jbr)