Anak Krakatau Siaga, 1 Sirene Peringatan Tsunami di Pesisir Serang Tak Aktif

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Selasa, 26 Apr 2022 15:15 WIB
Gunung Anak Krakatau erupsi
Foto: dok. Istimewa
Serang -

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banten Nana Suryana mengatakan satu sirene peringatan dini tsunami pesisir tidak aktif karena ada instrumen yang dicuri tahun lalu. Total ada tiga sirene di Banten yang bisa menjadi peringatan tsunami jika Gunung Anak Krakatau mengalami erupsi.

Nana mengatakan tiga sirene antara lain dua berada di Kabupaten Pandeglang yang ditempatkan di pesisir Panimbang dan Labuan. Sedangkan satu lagi di Kabupaten Serang, yaitu di pesisir Pasauran. BPBD mengecek secara berkala untuk dibunyikan sebagai kesiapsiagaan setiap tanggal 26. Apalagi saat ini status Anak Gunung Krakatau menjadi level III.

"Kalau sirene di Pandeglang aktif semua, di Pasauran ada yang mencuri jadi sekarang BMKG lelang untuk perbaikan alat sirene di Pasauran," kata Nana kepada wartawan di Serang, Selasa (26/4/2022).

Berkaca pada bencana tsunami Gunung Anak Krakatau pada 2018, BPBD mengingatkan masyarakat waspada, khususnya di malam hari. Ini juga sesuai dengan arahan dari BMKG terkait bahaya tsunami.

"Kalau siang pagi terlihat ini, yang dikhawatirkan kan malam jadi jangan sampai terjadi kedua kalinya, kita sudah punya pengalaman jangan diabaikan," terangnya.

Banten termasuk daerah dengan potensi tinggi terjadi tsunami karena keberadaan Gunung Anak Krakatau. Banten juga diberikan aplikasi khusus oleh BMKG terkait potensi Geo-Hidrometeorologi.

Aplikasi ini sudah diluncurkan dan diinstal oleh setiap kecamatan di pesisir. Jadi aplikasi ini nanti bisa dimanfaatkan sebagai peringatan dini tambahan jika terjadi tsunami.

"Kemarin diluncurkan di masing-masing kecamatan, jadi lebih cepat terinformasikan, nanti Muspika bisa menyampaikan ke masyarakat lebih cepat bisa lewat handphone dan lain-lain," ujarnya.

Simak Video 'Waspada! Anak Krakatau Siaga, BMKG Sebut Ada Potensi Tsunami di Malam Hari':

[Gambas:Video 20detik]



(bri/idn)