ADVERTISEMENT

Kandidat Hoegeng Awards 2022

Kisah AKP Mahrus Munir, Tak Bisa Lihat Orang Susah-Suka Bantu Anak Yatim

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Selasa, 26 Apr 2022 11:22 WIB
AKP Mahrus Munir
AKP Mahrus Munir saat berkunjung ke SMK Al-Khairaat Tobelo di Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara. (Foto: dok. istimewa)
Jakarta -

Sejumlah pembaca detikcom mengusulkan nama AKP Mahrus Munir menjadi salah satu kandidat penerima Hoegeng Awards 2022. Polisi yang kini menjabat Komandan Kompi (Danki) 1 Batalion A Pelopor Satuan Brimob Polda Maluku Utara itu dinilai ringan tangan membantu sesama.

AKP Mahrus diusulkan oleh Ihwan Buaja, Kepala SMK Al-Khairaat Tobelo di Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara, melalui formulir online pada tautan https://dtk.id/hoegengawards. Ihwan menyebut AKP Mahrus kerap memberikan bantuan kepada masyarakat, termasuk Yayasan Al-Khairaat tempatnya bekerja.

detikcom lalu menghubungi Ihwan untuk menggali lebih dalam mengenai sosok AKP Mahrus Munir. Menurut Ihwan, AKP Mahrus kerap berkunjung ke Yayasan Al-Khairaat untuk memberi bantuan sembako kepada anak-anak yatim serta memberinya motivasi.

Tak hanya sembako, AKP Mahrus juga disebut kerap memberi bantuan berupa uang tunai untuk anak-anak yatim di Yayasan Al-Khairaat. AKP Mahrus datang ke yayasan itu beberapa kali dalam sebulan.

Dihubungi terpisah, AKP Mahrus mengatakan bahwa dirinya membiasakan diri untuk berbagi ke sesama semenjak ia lulus menjadi polisi. Ia memberi bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan sesuai dengan kemampuannya dari hasil menyisihkan gaji dari polisi.

"Saya lulus polisi tahun 1996-1997. Saya bertugas langsung sekitar tahun 1998. Di situ kalau saya ada kelebihan sedikit rezeki, pasti saya berbagi. Saya cari mungkin kalau ada saudara saya atau orang terdekat di sekitar saya," kata AKP Mahris kepada detikcom, Senin (25/4/2022).

AKP Mahrus tak pernah memandang identitas seseorang atau kelompok ketika berbagi. Dia pun suka memberi bantuan untuk masyarakat suku pedalaman di Maluku Utara.

[Daftarkan kandidat penerima Hoegeng Awards 2022 di sini!]

Dia memastikan setiap kegiatan berbaginya itu tidak mengganggu tugas utamanya sebagai polisi. Menurutnya, saat menjalankan kegiatan berbagi hingga ke tempat terjauh di pedalaman Maluku Utara ia selalu melapor ke pimpinannya.

"Saya tetap lapor ke pimpinan kalau keluar jauh, biar beliau tahu kegiatan kita ini," ucapnya.

AKP Mahrus juga mengajak koleganya di Brimob Polda Maluku Utara turut berpartisipasi, termasuk atasannya langsung. Atas kebaikannya itu, atasannya pun disebut mendukung kegiatan yang diinisiasi oleh AKP Mahrus.

Dia bercerita alasan dirinya kerap berbagi sedikit rezekinya untuk anak-anak yatim dan orang-orang susah. Alasannya ia empati karena pernah merasakan bagaimana rasanya menjadi orang susah karena ditinggal orang tua sejak kecil.

"Cuma prinsip saya, karena saya sudah mengalami susah masa kecil saya, saya nggak bisa lihat orang susah. Memang berat jadi orang susah itu," ungkap AKP Mahrus sambil sesenggukan menahan tangis saat mengingat masa lalunya.

"Saya kebetulan anak tunggal. Ibu saya sudah meninggal waktu saya kecil masih umur 12 tahun lah, saya diasuh sama paman dan bibi saya. Dari orang tua dan mereka lah saya banyak yang memberi sesuatu baik buat saya. Sehingga dari situ saya berpikiran kalau ada orang susah pasti saya bantu. Apabila ada orang susah, di mana pun nyari saya, kalau saya nggak punya pasti saya pinjam dulu. Saya bantu semampu saya," tambahnya.

Suatu ketika, AKP Mahrus bercerita bahwa dirinya pernah menolong pria mabuk dan menasihatinya setelah sadar. Merasa ditolong, pria itu memberi AKP Mahrus dua ekor ayam hidup yang masih dipelihara hingga kini.

"Itu orangnya (yang memberikan ayam) saya kasih duit nggak mau juga. Sebetulnya bantuan saya sederhana aja, dia mabuk, anak-istrinya saya panggil ke mako, saya nasihati. Dia tidur dulu di mako, besoknya dia saya nasihati terus mungkin dia udah sadar," imbuhnya.

[Daftarkan kandidat penerima Hoegeng Awards 2022 di sini!]

Artikel ini adalah bagian dari rangkaian acara Hoegeng Awards 2022. Polisi yang diceritakan dalam artikel ini merupakan salah seorang yang diusulkan pembaca sebagai kandidat penerima Hoegeng Awards 2022. Pembaca detikcom bisa mengusulkan anggota polisi kandidat penerima Hoegeng Awards 2022 melalui link berikut ini: Hoegeng Awards 2022.

(fas/hri)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT