ADVERTISEMENT

Bank Mega Syariah Salurkan Zakat Korporasi Rp 17,6 Miliar

Karin Nur Secha - detikNews
Senin, 25 Apr 2022 17:59 WIB
Bank Mega Syariah menyalurkan zakat korporasi 2022 sebesar Rp 17,6 miliar, di Menara Bank Mega Syariah, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (25/4/2022).
Bank Mega Syariah menyalurkan zakat korporasi 2022 sebesar Rp 17,6 miliar. (Karin Nur Secha/detikcom)
Jakarta -

PT Bank Mega Syariah menyalurkan zakat korporasi 2022 sebesar Rp 17,6 miliar. Zakat Bank Mega Syariah tahun ini lebih besar dari tahun sebelumnya. Pada 2021, zakat Bank Mega Syariah sebesar Rp 4,3 miliar.

Penyaluran zakat digelar secara simbolis oleh Komisaris Utama Bank Mega Syariah Mohammad Nuh, didampingi Direktur Bank Mega Syariah Marjana, di Menara Bank Mega Syariah, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (25/4/2022).

Zakat Bank Mega Syariah tahun ini disalurkan dengan menggandeng 8 lembaga amil zakat, di antaranya LazisMU, LazisNU, Inisiatif Zakat Indonesia, Rumah Zakat, Dompet Dhuafa, LAZ Al-Azhar, Daarut Tauhid Peduli, LAZ CT Arsa, dan 1 platform donasi berbuatbaik.id.

"Peningkatan jumlah dana zakat ini seiring dengan peningkatan kinerja Bank Mega Syariah di tahun 2021. Peningkatan kinerja ini ditandai dengan peningkatan laba usaha menjadi Rp 708,38 miliar," kata Mohammad Nuh di Menara Bank Mega Syariah.

"Angka tersebut mengalami peningkatan sebesar 303,28% jika dibandingkan dengan pencapaian tahun sebelumnya, yaitu Rp 175,65 miliar," imbuhnya.

Bank Mega Syariah menyalurkan zakat korporasi 2022 sebesar Rp 17,6 miliar, di Menara Bank Mega Syariah, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (25/4/2022).Bank Mega Syariah menyalurkan zakat korporasi 2022 sebesar Rp 17,6 miliar. (Karin Nur Secha/detikcom)

Nuh mengatakan peningkatan besaran zakat Bank Mega Syariah tahun ini tak lepas dari dukungan masyarakat. Dia memastikan Bank Mega Syariah akan terus mendukung gerakan menumbuhkan perekonomian umat.

"Sebagai lembaga keuangan syariah, Bank Mega Syariah sangat mendukung gerakan ZISWAF dalam rangka menumbuhkan perekonomian umat. Selain melakukan sinergi program sosial ekonomi dengan lembaga zakat, Bank Mega Syariah juga mendorong pengumpulan ZISWAF melalui berbagai channel, di antaranya melalui ATM dan aplikasi digital M-Syariah," ucap Nuh.

Nuh menuturkan pendirian Bank Mega Syariah merupakan bentuk dedikasi Chairul Tanjung dalam menumbuhkan kesejahteraan masyarakat dan membantu kegiatan sosial. Oleh karena itu, sejak awal pendiriannya, setiap keuntungan Bank Mega Syariah akan dikalikan 2,5% untuk zakat.

"Artinya, kalau Bank Mega tumbuh dengan baik, maka yang kembali ke masyarakat itu pun juga semakin banyak. Apalagi sekarang dikawinkan dengan berbuatbaik.id, itu akan semakin, mulai dari sumber dana sudah ada di sini, terus penyaluran yang tepat itu akan dilakukan oleh teman-teman berbuatbaik.id," jelas Nuh.

Dalam penyaluran zakat Bank Mega Syariah tahun ini, berbuatbaik.id telah memilih 10 campaign yang sangat mendesak. Penyalurannya ditargetkan selesai sebelum Lebaran 2022.

"Kami sudah sepakat, oke kita tutup, sehingga sebelum lebaran itu yang membutuhkan tadi sudah lunas, sehingga yang membutuhkan itu bisa dilunasi sebelum lebaran. Alhamdulillah sudah ada sekitar Rp 500 juta yang kita tunaikan sebelum Idul Fitri ini," kata Nuh.

"Itu salah satu cara kita untuk bahagiakan saudara kita," sambungnya.

(ain/zak)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT