Wagub Bali Janji Tindak Bule Viral Joget Bugil di Batur

Tim detikcom - detikNews
Senin, 25 Apr 2022 13:53 WIB
Gunung Batur, Kintamani, Bangli
Gunung Batur (Dok. Detikcom)
Denpasar - Video yang menunjukkan turis asing (bule) menari tanpa busana alias bugil diduga di Gunung Batur, Bali, bikin geger. Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati menyayangkan aksi bule itu.

"Kesantunan-kesantunan atau mungkin kebiasaan di daerah asalnya mungkin seperti itu. Tapi kita tetap bertindak agar memberi pelajaran untuk yang lainnya supaya tidak melakukan hal yang sama," ucap Cok Ace ketika ditemui di Lapangan Puputan Renon, seperti dilansir dari detikBali, pada Senin (25/4/2022).

Menurutnya, hal tersebut juga tak lepas dari geografis Bali sendiri yang terbuka. Sehingga sulit diawas,i apalagi khususnya di daerah pegunungan, seperti Gunung Batur.

"Jadi, kami harapkan sebelum mereka naik gunung, itu ada announcement atau pengumuman tentang apa yang boleh, dan tidak boleh mereka lakukan," kata Cok Ace.

Sebelumnya, bule yang melakukan aksi menari telanjang di puncak Gunung Batur, Jeffrey Douglas Craigen (34), akhirnya menghapus videonya di akun Instagramnya @mind_body_healer. Penghapusan video tersebut diduga terkait dengan pemanggilannya ke kantor imigrasi hari ini Senin (25/4/2022) hari ini.

Hingga Minggu (24/4/2022) kemarin, netizen masih bisa mengakses video yang diunggah Jeffrey pada reels Instagramnya. Dalam video berdurasi sekitar 50 detik itu, pria berambut gondrong itu tampak menari tanpa sehelai benang pun di tubuhnya.

Baca selengkapnya di sini. (idh/dhn)