ADVERTISEMENT

Puncak Keramaian Pasar Tanah Abang 23-24 April, 40 Ribu Pengunjung di Blok A

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Senin, 25 Apr 2022 11:12 WIB
Potret Tanah Abang jelang Lebaran (Tiara Aliya/detikcom)
Potret Tanah Abang menjelang Lebaran. (Tiara Aliya/detikcom)
Jakarta -

Pengelola Pasar Tanah Abang mengatakan puncak keramaian pengunjung terjadi pada 23-24 April 2022. Di Blok A Pasar Tanah Abang saja, total pengunjung bisa mencapai 40 ribu orang per hari.

"Pengunjung (saat ini) sudah nggak terlalu ramai. Pokoknya, puncaknya kemarin Sabtu-Minggu puncak terakhir titik keramaian," kata pengelola pasar Tanah Abang Blok A Hery Supriyatna saat dihubungi, Senin (25/4/2022).

"Kalau saya lihat dengan keramaian seperti itu, di bawah sendiri 30-40 ribu ya, hanya di blok A doang tuh kemarin kalau melihat kondisi keramaian Sabtu-Minggu," sambungnya.

Hery mengatakan, pada periode itu, pengunjung banyak menyasar pada toko baju eceran ketimbang grosiran. Di mana pengunjung hendak mencari baju untuk digunakan sendiri pada Lebaran mendatang.

"Kemarin lebih banyak pengunjung retail eceran yang mereka gunakan sendiri atau untuk berikan dia hadiah bingkisan. Kalau untuk pedagang yang retail atau eceran mulai lantai 3A sampai lantai 7," jelasnya.

Hery mengatakan, pada 30 April mendatang, biasanya pedagang bakal menggelar obral besar-besaran. Setelah itu, Pasar Tanah Abang bakal ditutup selama 1-8 Mei 2022. Pengelola memprediksi pengunjung yang datang di pekan ke-4 Ramadan ini tak akan sebesar pekan sebelumnya.

"Minggu ini justru (pengunjung) mulai menurun karena dipastikan Rabu-Kamis, jadi momen Jumat, Sabtu, Minggu terakhir kemarin. Sekarang orang momen mikir gimana supaya nggak macet mudik, udah nggak mikir belanja," ucapnya.

Sebagaimana diketahui, Pasar Tanah Abang diserbu pengunjung menjelang hari raya Idul Fitri 2022 pada 23-24 April lalu. Imbasnya, lalu lintas di sekitar pasar macet.

Pantauan detikcom di lokasi, pukul 10.25 WIB, Sabtu (23/4/2022), para pengunjung terlihat berdesak-desakan di dalam pasar. Sementara itu, kemacetan juga terjadi di Jalan KH Mas Mansyur, Tanah Abang.

Kemudian, pantauan pada Minggu (24/4), di Blok B Pasar Tanah Abang, pengunjung berjejalan berjalan menyusuri kawasan ini. Tampak pengunjung hendak berburu baju untuk persiapan Lebaran.

Tampak pedagang sibuk menawarkan dagangannya, sedangkan pembeli berhenti sejenak sambil melihat-lihat dagangan. Para pembeli datang bersama keluarga dan kerabat, bahkan ada pula yang membawa balita sambil berdesakan dengan pembeli lainnya.

Tak hanya itu, lalu lintas di sekitar Pasar Tanah Abang terpantau padat. Misalnya di Jl Jatibaru Raya menuju Jl Kebon Jati, tampak kendaraan mengular sekitar 100 meter.

(taa/knv)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT