Sesak! Stasiun Tanah Abang Jakpus Dipadati Penumpang Siang Ini

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 24 Apr 2022 15:49 WIB
tanah abang
Stasiun Tanah Abang padat siang ini. (Tiara/detikcom)
Jakarta -

Stasiun kereta rel listrik (KRL) Tanah Abang, Jakarta Pusat (Jakpus), siang ini dipadati penumpang. Kepadatan penumpang terlihat dari pintu masuk hingga peron tempat menunggu kedatangan KRL.

Pantauan detikcom di Stasiun Tanah Abang, Minggu (24/4/2022) pukul 14.45 WIB, kepadatan terpantau di seluruh peron kereta. Mayoritas penumpang membawa kantong plastik maupun tas berukuran besar berisikan barang belanja. Suasana di dalam gerbong juga terasa kian penuh sesak.

Tampak di lokasi saat ini calon penumpang berasal dari kalangan umur, dari anak-anak hingga lansia. Beberapa penumpang tampak pula duduk lesehan di lantai peron sambil menunggu kedatangan kereta.

Penumpang yang kelelahan tampak membuka masker sambil beristirahat. Tak jarang pula mereka duduk bergerombol di lantai peron sambil menunggu kereta.

Sedangkan antrean calon penumpang terpantau mengular sepanjang 60 meter di area pintu masuk stasiun yang terhubung dengan jembatan penyeberangan multiguna (JPM) Tanah Abang. Terdengar melalui pengeras suara petugas mewanti-wanti para penumpang yang baru turun dari kereta untuk segera meninggalkan area stasiun.

"Kartu vaksin dikeluarin, tolong jangan ada yang berhenti, berkumpul. Yang sudah selesai kasih jalan," ujar petugas di lokasi.

Salah satu penumpang KRL bernama Santi (34) asal Bogor mengaku datang ke Jakarta bersama orang tuanya untuk berbelanja di Pasar Tanah Abang. Santi berkata ia hendak membeli baju untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri 2022.

"Dari Pasar Tanah Abang, belanja untuk THR ada baju, handuk, dan lain-lain," kata Santi saat ditemui di lokasi, Minggu (24/4/2022).

Santi mengaku khawatir akan terpapar virus COVID-19 karena padatnya Stasiun Tanah Abang siang ini. Meski begitu, dia tetap memilih menaiki KRL karena pertimbangan ongkos.

"Karena lebih murah, lebih cepat. Kalau naik bus harus ke Ciawi turunnya kalau ke Bogor. Biarpun berdiri tetap aja naik kereta. Stasiun juga keadaannya membeludak gini. Harusnya Minggu weekend nggak ada jam kerja harusnya lowong. Sekarang kayak ada apa aja," jelasnya.

Simak juga Video: Suasana Stasiun Pasar Senen Mulai Dipadati Pemudik

[Gambas:Video 20detik]



(taa/rak)